Sukses

Terlambat Imunisasi

25 Aug 2015, 15:29 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok,anak saya terlambat imunisasi.... Sekarang usianya sdh 9 bulan.... Ank sy bru mendapat hepatitis b wktu dia lahir...... Bgaimana solusinya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Vaksinasi adalah salah satu jalan terbaik untuk mengurangi angka terjadinya berbagai macam penyakit infeksi yang dapat dicegah. Adapun bila bayi yang baru lahir sempat tertinggal beberapa vaksinasi, maka ibu tidak perlu khawatir. Silahkan kunjungi puskesmas/ posyandu terdekat, karena anak masih bisa memperoleh hampir semua imunisasi yang seharusnya ia peroleh dalam 0-9 bulan pertama kehidupannya (Hepatitis B lanjutan, campak, DPT, polio), hanya saja jarak antar vaksinasinya akan disesuaikan kembali oleh petugas puskesmas. Jangan sampai Anda memiliki pemahaman bahwa terlambat imunisasi berarti anak tidak membutuhkan imunisasi. 

Hanya saja, imunisasi BCG (untuk melawan penyakit TBC) kemungkinan tidak dapat diberikan langsung pada bayi Anda. Mengingat tingginya angka penderita TB di Indonesia, dikhawatirkan anak telah terpapar kuman TBC sehingga ada kemungkinan anak sudah tidak membutuhkan imunisasi BCG lagi. Untuk itu biasanya dilakukan dulu tes mantoux, yaitu tes yang dilakukan dengan memberikan suntikan kecil antigen kuman TBC.

Untuk itu kami sarankan Anda segera ke Puskesmas maupun Posyandu untuk melanjutkan imunisasi anak Anda, dan memperoleh penjelasan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar