Sukses

Gatal di Jari Kaki

28 Aug 2015, 10:03 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok sya mw tanya...tiba2jari kaki saya gatal,tampa saya garulk,dy berair dan berdarah...makin lamamakin lebar...sebelumnya sya pernah juga karna saya ,Mencuci...udh d.kasih salaf...eh malah sekarang pindah2 dy...itukenapa y dok...

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Sudah berapa lama hal ini terjadi? Kapan saja keluhan Anda ini muncul? Kapan keluhan ini membaik? Di mana saja kolasi tepatnya? Apakah banyak? Apakah Anda sering berada/bekerja di daerah basah/berair/mengandung deterjen? Apakah ada kemerahan atau lenting?

Keluhan yang Anda sampaikan dapat disebabkan karena alergi, infeksi bakteri, atau infeksi jamur. Namun untuk memastikan hal tersebut, diperlukan pemeriksaan langsung. 

Kaki yang sering terpapar bahan kimia atau air dapat teriritasi pada beberapa orang dengan kulit yang lebih sensitif. Dalam dunia medis, dugaan mengarah kepada dermatitis kontak iritan. Jadi, selama masih terpapar dengan air dan deterjen (apapun jenisnya-karena kandungannya kurang lebih sama), maka keluhan dapat terus menerus hilang timbul. Dasar penyebab dari dermatitis kontak iritan adalah alergi sehingga penanganannya adalah dengan melakukan penghindaran. 

Bila terjadi infeksi (bengkak, bernanah) dapat diberikan salep antibiotik untuk mengatasi infeksi dan mencegah infeksi bakteri meluas. Jika kulit tampak teriritasi kemerahan dan meradang dapat menggunakan salep kortikosteroid terlebih dahulu. Selain itu juga perlu diberikan pelembab yang dapat dibeli di pasaran bebas. Selain itu, Anda sebaiknya selalu melindungi kaki Anda dari sumber-sumber iritasi yang menyebabkan kulit kaki Anda gatal-gatal berair. Menggunakan sepatu bot, pelindung kaki saat terpapar air dan deterjen akan mengurangi terjadinya kekambuhan.

Sebelumnya perlu dipastikan terlebih dahulu diagnosis dan penyebabnya apakah bakteri, jamur, atau alergi karena pengobatannya jelas berbeda. Untuk diagnosis pasti diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Maka dari itu, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar