Sukses

Suara Anak Saat Menelan Ludah Terdengar Keras

23 Aug 2015, 20:40 WIB
Wanita, 3 tahun.

Selamat siang dok, anak perempuan saya usia 3 thn 4 bulan setiap menelan ludah terdengar bunyi 'Glek 'seperti suara lagi minum, 1 bulan ini dia batuk dan sdh diberi obat,skrg batuknya sdh mulai sembuh tapi bunyi Glek saat menelan ludah masih ada dan semakin sering terdengar...anak saya orgnya agak cengeng kalo nangis suka teriak kuat...kira2 bunyi glek saat menelan ludah kenapa ya dok? Mohon jawabanya ya dok, terimakasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Lendir sangat penting bagi tubuh manusia.  Jaringan yang memproduksi lendir berada di rongga mulut, hidung, sinus, tenggorokan, paru-paru dan saluran cerna. Lendir berfungsi sebagai selimut pengaman yang melapis jaringan tersebut, mencegah jaringan di bawahnya menjadi kering. Selain itu lendir membantu menjaga saluran napas dengan menangkap substansi yang tidak diinginkan tubuh seperti kotoran, debu dan bakteri saat bernapas.

Lendir berkonsistensi tebal dan lengket. Kekentalannya itulah yang membuatnya dapat memerangkap bakteri dan lain sebagainya.Lendir mengandung antibodi yang membantu tubuh mengenali benda asing seperti bakteri, dan virus, enzim yang dapat membunuh bakteri dan virus, protein dan berbagai sel lainnya.

Infeksi saluran napas, common cold, infeksi sinus, alergi, merokok dan pengaruh lingkungan seperti linkungan yang kering dapat memicu perubahan pada lendir di saluran pernapasan.

Normalnya tubuh akan memproduksi 1-1,5 liter lendir setiap harinya. Dengan konsistensi yang encer, sebagian besar lendir akan tertelan dan menuju saluran pencernaan tanpa disadari. Biasanya seseorang akan menyadari adanya lendir bukan akibat produksinya yang berlebih namun akibat konsistensinya yang berubah. Alergi dan iritasi saluran napas dapat membuat produksi lendir bertambah. 

Bila anak Anda sedang batuk atau radang tenggorokan produksi lendirnya dapat bertambah sehingga dapat menimbulkan keluhan seperti yang Anda keluhkan. Namun, bila keluhan berlarut dan tidak ada perbaikan meski batuk anak Anda sudah sembuh sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang menangani anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar