Sukses

Solusi Atasi Depresi

22 Aug 2015, 15:25 WIB
Pria, 35 tahun.

Selamat pagi dok, Saya punya masalah kecenderungan depresi akibat penempatan lokasi kerja (mutasi paksa) ke kantor pusat dan penolakan management atas permintaan saya utk mutasi kembali ke wilayah regional . Hingga saat ini saya tdk tahu mengapa dan atas rekomendasi siapa saya dimutasikan. Pada awalnya saya coba jalani dgn normal penempatan di kantor pusat, namun seiring waktu selama 3 tahun sejak dimutasi, kecenderungan tingkat depresi saya makin meningkat. Selain karena jadi berjauhan dgn keluarga terutama dgn anak2 yg masih kecil2 yg tdk memungkinkan saya bawa serta ke lokasi kerja yg baru, juga karena selama 3 tahun ini upaya saya utk meminta dimutasi kembali ke regional selalu menemui jalan buntu dan penolakan dr pihak management (atasan atau atasannya atasan) meskipun ada sarana/kesempatan utk itu. Seringkali karena alasan (klasik)nya karena bos2 saya tdk mau anak buahnya hanya sekedar pindah tanpa kenaikan posisi dan menurut beliau2 saya punya potensi dan kompetensi yg bagus, padahal saat dimutasi (paksa) dulu jg sebenarnya tanpa kenaikan posisi jg. Sbg info tambahan, sebelum mutasi ke kantor pusat, saya sebenarnya jg baru dimutasi dari daerah lain kurang dr setahun sebelumnya. Saat ini gejala depresi makin sering saya alami. Mulai dr kondisi sering insomnia atau hypersomnia, keengganan masuk kantor, kontra produktif dan cenderung menjadi pasif dlm pekerjaan teamwork. Dan kondisi ini hanya saya alami saat dilokasi kerja(saat ini saya pulang ke rumah seminggu sekali krn beda kota). Saya khawatir hal ini akan mempengaruhi kesehatan saya bukan hanya secara psikis namun jg secara fisik. Mohon saran dan bantuannya. Terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran dan kegelisahan yang Anda rasakan. Depresi adalah suatu keadaan umum dimana terjadinya pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan  mood dari suatu individu yang mengakibatkan gangguan di dalam aktivitasnya sehari-hari atau hilangnya fungsinya sebagai individu.Dasar umum untuk gangguan depresif tidak diketahui. Faktor penyebab dapat dibagi menjadi faktor biologis, faktor keturunan dan faktor psikososial, ketiga faktor tersebut dapat berdiri sendiri-sendiri maupun saling terkait yang menjadi penyebab dari gangguan bipolar/depresi.

GEJALA DAN TANDA

  • Terdapat 5 (lima) atau lebih gejala yang ditemukan di bawah ini selama periode dua minggu yang sama dan mewakili perubahan dari fungsinya sebagai individu sebelumnya ( dari 5 gejala yang ada minimal ada salah satu gejala mood depresi atau hilangnya minat atau bahagia)
  • Mood depresi hampir sepanjang hari, setiap hari ( merasa atau tampak sedih atau kosong) PS: pada anak-anak atau remaja dapat bermanifestasi sebagai mood yang mudah tersinggung.
  • Hilangnya minat atau keseangan yang jelas pada semua aspek atau hampir semua aspek sepanjang hari hampir setiap hari.
  • Penurunan berat badan yang bermakna, tetapi individu yang bersangkutan tidak melakukan diet atau olahraga yang rutin.
  • Insomnia atau hipersomniat tiap harinya.
  • Agitasi atau redartasi psikomotor (aktivitas atau gerakan motorik )
  • Kelelahan atau hilangnya energi tiap hari
  • Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah  yang berlebihan atau tidak tepat.
  • Hilangnya kemampuan untuk berpikir atau memutuskan sesuatu.
  • Pikiran akan kematian yang berulang.
  • Gejala menyebabkan penderitaan yang bermakna secara klinis atau gangguan dalam fungsi social, pekerjaan atau fungsi penting lainnya.
  • Gejala bukan efek psikologis langsung dari obat
  • Gejala tidak lebih baik diterangkan oleh dukacita yaitu setelah kehilangan orang yang dicintai, gejala menetap lebih dari dua bulan atau diikuti oleh gangguan lainnya.

Pengobatan pasien dengan depresi harus tepat pada sasarannya, yakni keamanan dari pasien harus terjamin, pemeriksaan diagnostik yang lengkap harus dilakukan, yang ketiga adalah rencana pengobatan harus secara menyeluruh, bukan hanya mengatasi gejala tetapi juga mengatasi penyebab dari depresi itu sendiri.Untuk penanganan depresi anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kesehatan jiwa/psikiatri.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar