Sukses

Perut Kembung Perlu USG?

23 Aug 2015, 20:17 WIB
Pria, 44 tahun.

Salam... Kapankah kondisi usg lambung perlu di lakukan..? Kalo hanya sekedang kembung saja apakah perlu usg lambung ? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah yang Anda maksud adalah pemeriksaan Ultrasonografi (USG) abdomen (perut)?
USG abdomen merupakan salah satu jenis tes pencitraan. USG abdomen digunakan untuk memeriksan organ di dalam abdomen/perut yaitu hati, kandung empedu, pankreas , limpa dan ginjal. USG abdomen bukanlah alat yang baik untuk memeriksa lambung ataupun usus karena di dalamnya terlalu banyak gas/udara. Sehingga biasanya untuk memeriksa lambung tidak dengan menggunakan USG. Kelainan lambung dapat diperiksa dengan menggunakan endoskopi.

Indikasi USG abdomen antara lain:

  • Mencari penyebab nyeri perut 
  • Mencari penyebab infeksi ginjal
  • Mendiagnosis hernia
  • Mendiagnosus dan memonitor tumor
  • Diagnosis asites (cairan di dalam rongga perut)
  • Mencari penyebab pembengkakan organ di dalam perut
  • Melihat adanya kerusakan organ setelah trauma.kecelakaan
  • Melihat batu di kandung empedu atau ginjal
  • Mencari kelainan hati atau ginjal

 

Sangat sulit bagi kami untuk menjelaskan kondisi Anda dengan keterangan yang sangat sedikit. Keluhan perut kembung atau perasaan perut bergas bisa jadi ini berhubungan dengan organ lambung, atau disebut dengan gejala dispepsia. Oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan sedikit tentang keluhan peningkatan asam lambung atau disebut sindrom dispepsia. Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dispepsia sangat tergantung dari penyebabnya.

Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Namun sekali lagi, untuk menegakkan diagnosis dan pengobatan diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Ceritakanlah dengan lengkap keluhan yang dirasakan agar  Anda mendapatkan tatalaksana yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar