Sukses

Cara Menyapih & Meningkatkan Nafsu Makan Anak
21 Aug 2015, 15:22 WIB
Wanita, 24 tahun.

pagi dok., anak saya berusia 2 tahun 1 bulan, saya sudah mencoba banyak cara untuk menghentikannya menyusu tapi tidak berhasil, sedangkan anak saya tidak mau minum susu formula dan nafsu makannya juga kurang .mohon info untu menghentikan anak menyusu, dan cara menambah nafsu makannya. terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Selain ASI apakah Anda sudah mengenalkan makanan padat kepada anak Anda? ASI memang merupakan salah satu makanan yang masih perlu diberikan hingga berusia 24 bulan. Namun, tingkat kebutuhannya akan ASI sudah mulai menurun, tidak seperti saat dia berusia dibawah 6 bulan. Hal ini dikarenakan untuk anak usia 2 tahun diharapkan sumber zat gizi yang dibutuhkan oleh anak berasal dari makanan-makanan lain diluar ASI. Anda dapat mencoba untuk mengurangi frekuensi menyusui anak Anda sehingga anak Anda lama-lama akan terbiasa sehingga akhirnya berhenti menyusui. Untuk mencapai hal ini diperlukan kerjasama antara ibu dan anak, ibu harus dapat pintar-pintar menyiasati agar anak dapat mulai meninggalkan kebiasaannya minum ASI. Namun pada dasarnya belum ada ketentuan khusus terkait kapan harus menghentikan ASI. 

 

Untuk mengatasi anak yang kurang nafsu makan pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Sehingga anak Anda membutuhkan 1400 kalori setiap harinya. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. 

Beberapa penyebab yang menyebabkan anak tidak mau makan diantaranya adalah :

  • Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki, dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.
  • Minum susu terlalu banyak. Padahal setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi susu! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtua
  • Bosan dengan menu
  • makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.
  • Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.
  • Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.

Kami sarankan sebaiknya konsultasikan kembali masalah anak Anda dengan dokter spesialis anak agar mendapatkan terapi yang optimal.

Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda :

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang Anak yang kami miliki. Semoga anak Anda selalu dalam keadaan sehat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar