Sukses

Payudara Terasa Kencang setelah Haid

17 Mar 2016, 14:06 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, haid saya bln ini selama 7 hari hanya bercak coklat (sedkit darah), dan 5 hari setelah haid payudara saya kencang dan terasa nyeri, puting pun kencang, dan perut saya nyeri, knp ya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Kartika Mayasari.

Payudara Terasa Kencang setelah Haid

Berdasarkan warna darahmenstruasi bulanan wanita dapat berarti:

1. Merah terang, darah yang baru saja dikeluarkan dari dalam tubuh. Aliran darah yang terjadi cenderung ringan dan teratur.

2. Merah gelap, yang menandakan adanya darah yang lebih tua dan sudah lebih lama disimpan dalam rahim dan baru keluar sekarang. Biasanya, darah dengan warna demikian terjadi saat wanita bangun tidur.

3. Kecokelatan maupun kehitaman, yang menandakan adanyadarah tua.

Para wanita yang mengalami darah ini biasanya mengalaminya mendekati akhir periode menstruasi dengan aliran darah yang tidak deras.

Wanita dengan kondisi siklus menstruasi yang tidak teratur juga cenderung mengalami darah menstruasi dengan warna demikian.

4. Oranye, warna yang timbul karena darah bercampur dengan cairan dari serviks.

Selain itu, warna oranye juga dapat mengindikasikan adanya infeksi. Jika darah oranye terus terjadi dengan adanya gejala kesehatan, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Nyeri payudara bisa disebabkan karena pembesaran dari kelenjar susu pada payudara yang terjadi karena fluktuasi hormon estrogen dan progesteron saat siklus haid. Pada beberapa kasus, nyeri payudara dapat bertahan hingga perdarahan berhenti, tergantung dari penurunan hormon estrogen di tiap-tiap individu berbeda dan hal ini tidak berbahaya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar