Sukses

Telapak Tangan Dan Kaki Keriput Jika Terkena Air

21 Aug 2015, 13:28 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat malam dokter..saya mau bertanya. Biasanya jari jari tangan keriput karena terlalu lama terkena air, namun jari tangan saya justru sangat cepat sekali keriputnya..belum sampai satu menit saya menyentuh air spt (mencuci muka ataupun hanya mencuci tangan) jari saya sudah keriput..ini sudah saya rasakan lebih kurang sejak sebulan yang lalu. Apakah penyebabnya adalah anemia dok?tapi setelah saya mengkonsumsi obat penambah darah,tidak ada perubahan sama sekali. Penyakit apakah itu dok?bagaimana cara mengobatinya?Mohon bantuannya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Banyak orang berpikir bahwa kulit akan membengkak jika berada di bawah air karena kulit menyerap air. Sementara yang lainnya percaya bahwa keriputnya jari tangan dan kaki diakibatkan oleh terjadinya osmosis. Tapi, ternyata hak tersebut tidak benar.

Jika osmosis adalah alasan di balik mengerutnya jari tangan dan kaki, pasti bagian lain dari tubuh Anda juga akan mengalami osmosis dan bukan hanya ujung jari tangan dan jari kaki Anda.

Tapi, ternyata keriputnya jari kaki dan tangan disebabkan oleh respon dari saraf simpatik yang terdapat di jari. Jika saraf simpatik dari jari-jari dipotong, tidak akan ada kerutan lagi ketika terlalu lama terkena air. Hal inilah yang membuktikan bahwa penyebabnya terkait dengan sistem simpatik.
 
Sistem saraf simpatis merupakan bagian dari sistem saraf pusat, yang bertanggung jawab atas respon dalam tubuh. Sistem saraf simpatis mengontrol sejumlah fungsi, termasuk denyut jantung dan tekanan darah.

Pembuluh darah tepi akan menegang ketika sistem saraf simpatik mengalihkan darah ke pusat tubuh dan otot-otot utama serta organ. Ketika sistem simpatis diaktifkan, pembuluh darah jari tangan dan kaki menyempit, sehingga membatasi aliran darah ke jari-jari tangan dan jari kaki Anda.

Volume darah yang berkurang di lapisan dalam jaringan lunak mengakibatkan kulit tertarik ke dalam dan menciptakan lipatan yang kita kenal sebagai keriput. Mungkin ada hubungan dengan anemia yang Anda alami dengan hal ini. Tapi jangan terlalu khawatir jika perubahan ini tidak mengganggu kegiatan Anda.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar