Sukses

Telinga Kotor

24 Aug 2015, 15:48 WIB
Pria, 15 tahun.

dok... telinga saya kok banyak bgt kotorannya... gak normal kaya orang2 umumnya... apakah ada kelainan ??

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Adakah keluhan lain yang Anda rasakan, seperti mendengar bunyi di dalam telinga, seperti ada air di dalam telinga atau rasa sakit? Apakah Anda sedang mengalami flu? Olahraga apa yang Anda lakukan? Apakah telinga Anda terasa tersumbat?

Perasaan telinga tersumbat saja dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen prop dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung pada telinga Anda. Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat. Flu juga dapat menyebabkan perasaan tersumbat pada telinga.

Sebelum melakukan penanganan tertentu, sebaiknya Anda memeriksakan telinga Anda ke dokter. Dokter akan menggunakan alat otoskop untuk melihat ke dalam liang telinga Anda, apakah terdapat sumbatan  dan sejauh mana letak kotoran. 

Jika ingin membersihkan telinga, memang sebaiknya saat tenang dengan bantuan orang lain atau dengan mengunjungi dokter untuk prosedur ekstraksi kotoran telinga.

Saya sertakan artikel berjudul

"Membersihkan Telinga"

untuk informasi lengkap Anda mengenai kotoran telinga dan kebersihannya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar