Sukses

Pemeriksaan LBC & Pap Smear

25 Aug 2015, 13:34 WIB
Wanita, 28 tahun.

Siang Dok, saya maua menanyakan kisaran biaya pemeriksaan LBC& HPV Gynotyping kira2 berapa? Perbedaannya dengan pap smear biasa apa? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Pap smear adalah skrining (pemeriksaan) untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dan penanganan lebih awal serta adekuat. Dengan cara mengambil sampel dari dinding cervix (mulut rahim) dan dilihat dengan mikroskop. Klasifikasi hasil pap smear dibagi menjadi 5 kelas, yaitu :

  • Kelas 1 
    Normal. Tidak membutuhkan terapi
  • Kelas 2 
    Atipikal (dapat disebabkan karena peradangan atau infeksi). Disarankan untuk mengulangi lagi pemeriksaan pap smear atau kolposkopi dalam jangka waktu 3-6 bulan
  • Kelas 3
    Displasia atau pre-kanker, level rendah. Kolposkopi dibutuhkan untuk mendiagnosis penyebab
  • Kelas 4
    Displasia Level TInggi atau CIC (carcinoma in- situ; kanker tapi tidak invasif). Membutuhkan kolposkopi dengan biopsi kerucut
  • Kelas 5
    Kanker, invasif. Dibutuhkan kolposkopi dan terapi lanjutan

 

Sedangkan tes Liquid Base Cytology (LBC) adalah metode pemeriksaan daerah rahim wanita dengan menggunakan cairan atau lendir yang berasal dari mulut rahim wanita, dengan tingkat sensitivitas 99-100 %. Lendir tersebut diberi cairan fiksasi untuk menentukan adanya virus HPV, atau tidak. Metode LBC berbeda dengan pap smear yang menggunakan sel padat sebagai bahan pengujian laboratorium.

Dengan tingkat sensitivitas Metode LBC yang tinggi tersebut, pasien bisa kembali melakukan tes dalam waktu 3-5 tahun lagi. Sedangkan pada  pengujian pap smear dilakukan setiap tahun. 

Mengenai harga pemeriksaan berbeda-beda setiap instansi pelayanan kesehatan, namun kisaran paket tes LBC dan HPV harganya sekitar 700-900 ribu rupiah. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar