Sukses

Maag Kronis

25 Aug 2015, 11:14 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat siang dok, sudah 4 harian ini saya mengalami keluhan maag yang membuat badan saya lemas, gemetaran, rasa ketakutan dan panas dingin. Saya sudah cek trombosit, leukosit dan hemoglobin 2 hari yg lalu dan hasilnya bagus dan baik dok. Bagaimana solusi untuk mengatasi maag saya dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sakit maag yang anda rasakan di dalam terminologi kedokteran dikenal dengan gastritis / peradangan pada lambung. Karena gastritis ini sudah berlangsung lama maka disebut dengan gastritis kronik.

Penyebab dari gastritis ini diantaranya adalah :

  • penggunaan obat-obat NSAIDs, alkohol dalam jangka panjang
  • infeksi Helicobacter pylori
  • refluks cairan pankreas dalam lambung

Pengobatan / terapi yang dilakukan disesuaikan dengan penyebabnya. Antibiotik digunakan apabila penyebabnya adalah bakteri. Apabila penyebabnya adalah obat-obatan /alkohol maka pemakaian sebaiknya dihentikan. Obat pengurang asam lambung seperti antasid, ranitidin, PPI dapat digunakan untuk mengurangi gejala.

Pencegahan gejala adalah menghindari segala macam pencetus yang menyebabkan maag anda kambuh. Seperti telat makan, makan-makanan pedas/asam, stress, kopi, dan lain-lain.

Endoskopi dapat dilakukan apabila nyeri tidak juga berkurang dengan obat-obatan atau terus menerus kambuh. Alasan lain adalah kecurigaan terdapatnya perlukaan lambung atau disebut dengan ulkus gaster. Namun untuk mengambil keputusan endoskopi harus dikonsultasikan terlabih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter yang merawat anda. Sekian, semoga membantu. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar