Sukses

Penyebab Penyakit Gondongan Yang Tak Kunjung Sembuh

20 Aug 2015, 09:31 WIB
Wanita, 28 tahun.

Di leher bagian kanan dan kiri terdapat benjolan,benjolan sebelah kiri paling besar dan nyeri, lbh nyeri apabila mengunyah makanan,lidah jg terasa terbakar. Sy tdk demam,dan benjolan tdk gatal atau merah.sdh diperiksa ke dktr tht dinyatakan gondongan,sdh habis obatnya utk seminggu masih benjol, terasa sangat nyeri sampai sakit kepala dan lidah skrg terasa tertusuk jarum. Apa perlu di cek lab agar lbh tepat diagnosanya ap?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Tanda dan Gejala Penyakit Gondongan

Gondongan atau Parotitis disebabkan oleh virus Paramyxovirus. Tidak semua orang yang terinfeksi oleh virus Paramyxovirus mengalami keluhan, bahkan sekitar 30-40% penderita tidak menunjukkan tanda-tanda sakit (subclinical). Namun demikian ada penderita lainnya yang mengalami keluhan.

Masa tunas (masa inkubasi) penyakit Gondong sekitar 12-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari. Adapun tanda dan gejala yang timbul setelah terinfeksi dan berkembangnya masa tunas dapat digambarkan sdebagai berikut :

  1. Pada tahap awal (1-2 hari) penderita Gondong mengalami gejala: demam (suhu badan 38.5 – 40 derajat celcius), sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan adakalanya disertai kaku rahang (sulit membuka mulut).
  2. Selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
  3. Pembengkakan biasanya berlangsung sekitar 3 hari kemudian berangsur mengempis.
  4. Kadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual).

Sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan Dokter Anda untuk mendapatkan terapi selanjutnya. Agar nyeri yang dirasakan bisa berkurang atau hilang. Karena memang proses penyembuhan pada penderita gondong cukup lama. Tidak perlu memeriksakan laboratorium untuk penderita parotitis karena klinis dari penyakit ini sudah cukup jelas.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,      

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar