Sukses

Demam Naik dan Turun Selama 4 Hari

20 Aug 2015, 09:50 WIB
Pria, 39 tahun.

Anak saya panas sudah 4 hari. Setelah cek darah Trombosit nya 719 berdasarkan hasil Lab Quantum. Umur anak saya 9 bulan 19 hari. Panasnya sampai 39 derajat kadang normal lagi, gitu terus selama 4 hari ini, minta saran harus bagaimana? Rencana mau bawa ke Dr anak

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kondisi demam pada anak bermacam-macam, salah satunya dikarenakan karena infeksi. Bagi anak yang mengalami demam naik turun harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan test darah. Kondisi demam naik turun bisa dicurigai sebagai penyakit tifus. Gejalanya biasanya minggu pertama anak panas kemudian pada minggu kedua mengalami demam yang serupa akan tetapi naik turun bahkan banyak yang menyangka bahwa anak anda telah sembuh dari demam. Padahal kondisi ini disertai dengan perut yang mules, denyut nadi yang meninggi dan tampak sakit perut perlu diwaspadai karena dikhawatirkan isi usu akan tumpah pada rongga perut dan perlu rawat inap.

Sedangkan apabila anak anda seringkali demam kemudian demam turun dan pada beberapa minggu kemudian terkena demam kembali dan sembuh hanya dalam beberapa hari. Ini dikhawatirkan mengalami gangguan sistem kekebalan pada tubuh anak sehingga yang perlu mendapat penanganan yang serius.

Salah satunya untuk menentukan berbahaya atau tidak kondisi demam yang naik turun adalah dengan melakukan pemeriksan lanjut melalui test darah di laboratorium. Pemeriksaan test laboratorium harus berdasarkan surat rujukan dari dokter anak. Hal yang harus anda perhatikan adalah membuat resume demam anak, sehingga lebih mudah untuk berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi anak anda.

Dengan demikian kondisi demam yang naik turun pada anak tidak dapat dikatakan bahaya ataupun tidak berbahaya apabila belum dikatehui masalah kesehatan yang diderita anak. Kemungkinan bisa menjadi penyakit yang ringan atau penyakit yang berbahaya, disaranakan segera melakukan pemeriksaan apabila anak anda sudah mengalami panas naik turun lebih dari tiga hari sehingga segera dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang berdampak buruk pada kesehatannya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,      

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar