Sukses

Penyebab Thypoid Berulang

24 Aug 2015, 09:37 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dear klik.Dokter.com Semalam saya baru saja berobat ke DR. penyakit dalam keluhan saya demam yg sering datang selama lbh dari 1 bulan ini (setiap kecapean pasti demam,frekuensi hampir setiap hari), sakit kepala, badan sakit ngilu ruas2 jari seperti sakitgejala itu awalnya datang pada setiap menjelang sore jam 2 sampai sekitar jam 10 malam, setelah itu berkeringat dan gerah. Mulai pada jam 2 malam mulai demam sampai subuh tapi ketika dipagi hari tidak merasakan rasa sakit seperti biasa saja dan kemarin sempat ada mual setelah makan. Hasil diagnosa Dr. Setelah cek lab adalah anti salmonella Thyphi IGM positip dengan nilai 6 positip kuat. Saran Dr. Harus diopname, tapi karena pertimbangan runding dengan keluarga saya dulu,karena saya sendiri pada saat berobat. saya minta untuk berobat jalan dulu. Menurut Dr. Sebaiknya apa benar saya mengikuti saran Dr. Untuk diopname? Ini sudan ke 2 kalinya saya kena thypus tahun ini sebelumny dibulan maret/mei. Ditahun sebelumnya pun pernah dirawat karena thypus dibulan Agustus. Mohon sarannya sepertinya tiap tahun thypus saya selalu kabuh 5tahun belakangan ini.

 
Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com
 
Demam Thypoid yang berulang dapat terjadi dalam waktu yang pendek pada mereka yang mendapatkan infeksi yang ringan,dengan demikian juga hanya menghasilkan kekebalan yang lemah. Demam Thypoid yang berulang akan terjadi bila pengobatan sebelumnya tidak adekuat atau sebetulnya bukan berulang tetapi terkena infeksi baru.
 
Demam thypoid yang berulang dapat lebih ringan dari serangan primer tetapi dapat menimbulkan gejala lebih berat dari pada infeksi primer tersebut. Sepuluh persen dari demam thypoid yang tidak diobati akan mengakibatkan timbulnya demam thypoid berulang (Soedarto,2007)   
 
Demam tifoid tak boleh dianggap enteng, Harus diobati secara total. Karena itu, jika dosis obat ditetapkan 4 kali sehari, harus ditaati. “Kalau cuma diminum  3 kali sehari, kuman tak akan mati.”  Demam typoid yang berulang dapat terjadi dan berlangsung dalam waktu yang pendek pada mereka yang mendapatkan infeksi yang ringan dengan demikian juga hanya menghasilkan kekebalan yang lemah. Pengobatan yang tak tuntas, membuat bakteri akan terus terbawa dan berkembang biak. Tingkat kemungkinan kambuh lagi, sampai 15 persen.
 
Karena betapa cepatnya bakteri ini berkembang biak dan menjalar ke mana-mana melalui pembuluh darah. Bisa menyerang paru-paru, hati, hingga otak. Padahal, jika demam tifoid sudah tergolong berat, akan sulit diobati karena sudah terlanjur terjadi komplikasi. Misalnya, bakteri sudah membuat usus bocor (perforasi) sehingga timbul pendarahan ketika buang air besar. Usus pun sudah sulit sekali mencerna makanan karena selaputnya sudah terinfeksi (peritonitis). Tak ada jalan lain, kecuali operasi untuk memperbaiki ususnya yang bolong.
Serangan lainnya adalah ke paru-paru yang membuat penderita sulit bernapas. Yang lebih parah, jika bakteri sudah masuk ke otak. Akan Mengalami  kejang-kejang, tak sadarkan diri, bahkan koma beberapa saat (Arlin algerina, 2010).
 
Kemampuan unik dari organisme (maksudnya Salmonella Thyphi) inilah yang menyebabkan orang yang pernah menderita Tifus, suatu saat penyakit ini akan kembali muncul. Penyakit ini akan berulang kembali apabila daya tahan tubuh si penderita tidak optimal, seperti pada kondisi kelelahan, kurang tidur, asupan makanan tidak teratur dan sembarangan, dan lain-lain.
 
Faktor penyebab  thypoid berulang adalah pola makan, kebersihan makanan, hygiene sanitasi (kualitas sumber air dan kebersihan jamban), tingkat pengetahuan hygiene perorangan (perilaku cuci tangan dan kebersihan badan),  pengobatan yang belum tuntas

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar