Sukses

Amandel Pada Anak Dan Terapinya

20 Aug 2015, 10:51 WIB
Pria, 9 tahun.

Anak sy amandelnya jarang kena radang dok, tp kok membesar bahkan klo tidur suka ngorok. Apa bisa mengecil lg amandel anak sy atau harus dioprasi?

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Dalam istilah medis, penyakit ini dikenal dengan istilah tonsillitis. Ya, penyakit ini memang banyak sekali terjadi di sekitar kita.

Penyakit amandel biasanya disebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan amandel menjadi membesar akibat proses peradangan.

Amandel yang membesar ini akan menyebabkan nyeri saat menelan makanan.

Pada anak kecil, si anak tidak akan mengeluh tenggorokannya sakit namun akan menangis dan menjadi rewel saat sedang makan. Dapat pula timbul demam, nyeri kepala, ataupun muntah.

Untuk amandel yang disebabkan oleh bakteri, maka untuk mengatasinya maka akan diberikan antibiotik. Selain itu dapat pula diberikan obat untuk mengurangi proses peradangan yang terjadi pada amandel tersebut.

Untuk operasi pengangkatan amandel, hanya dilakukan jika sudah ada indikasi yaitu berulangnya penyakit cukup sering dan terdapat gejala penyumbatan seperti gangguan tidur. Pasien yang sering  mengalami penyakit ini dalam sebulan sampai beberapa kali, sering mengorok saat tidur, dan sering terbangun karena sesak maka sudah dianjurkan untuk dilakukan operasi pengangkatan amandel.

Tips mempercepat pemulihan proses penyembuhan:

  • Hindari minuman dingin,

  • Jauhi es krim,

  • Hindari minuman soda,

  • Jangan makan makanan yang digoreng

  • Hindari makanan manis

  • Perbanyaklah minum air putih hangat.

Bila ternyata sering berulang, dalam sebulan hingga 3 kali mengalami penyakit ini dan terdapat gangguan saat tidur, segera konsultasi ke dokter spesialis THT untuk dipikirkan langkah selanjutnya apakah perlu dilakukan operasi pengangkatan amandel atau tidak.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

Baca juga:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar