Sukses

Bengkak Pasca Jatuh

20 Aug 2015, 20:28 WIB
Wanita, 39 tahun.

Ibu saya usia 73thn. Beliau bbrp waktu yg lalu jatuh. Sekarang telapak kakinya bengkak. Sudah sy bawa ke dokter syaraf cuma diberi penghilang rasa sakit dan disuruh pakai korset. Tapi bengkak tak kunjung hilang. Sekarang ibu sy mengikuti saran orang2 untuk membaluri kaki dg minyak tanah yg dicampur parutan jahe. Aman kah campuran ini menurut dokter? Ada efek negatifnya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Salam kami untuk Mama Anda tercinta!

Kami turut prihatin dengan musibah yang menimpa mama Anda. Luka atau bengkak memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka dan bengkak yang diperlukan bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. 

Bagaimana dengan kondisi mama Anda? Adakah faktor-faktor yang menghambat penyembuhan luka dan bengkak? Apakah bengkak cukup berkurang atau menetap atau malah semakin membesar? 

Apakah saat jatuh dilakukan pemeriksaan rontgen? Apakah ada tulang-tulang yang retak?

Bengkak karena trauma dapat merupakan satu kesatuan dengan luka yang terjadi. Sehingga jika luka teratasi dengan bak, bengkak akan berangsur berkurang dan menyembuh.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka dan bengkak, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi bengkak. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kasa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kasa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kasa lembap yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kasa, jangan lupa membasahi kasa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. 

Selain itu, keluhan bengkak karena trauma selain disebabkan karena luka, juga dapat disebabkan karena adanya masalah tulang retak pada daerah terkait.

Sudahkan Anda membawa mama Anda ke dokter untuk kontrol? Kami sarankan, jika keluhan memang mengganggu, maka sebaiknya Anda membawa mama Anda ke dokter untuk kontrol sehingga dokter bisa melakukan pemeriksaan langsung dan menentukana kondisi mama Anda serta memberikan penanganan yang tepat.

Semoga mama Anda cepat sembuh!

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar