Sukses

Nyeri Lutut Ketika Berjongkok

21 Aug 2015, 08:20 WIB
Pria, 25 tahun.

dokter saya sering merasa sakit di bagian lutut tepatnya di belakang lutut setelah berjongkok...kira" itu penyakitnya apa, lalu bagaimna saya harus mengatasinya,,,terima kasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll), atau cedera. 

Dari deskripsi yang anda berikan, masih terdapat beberapa hal yang belum jelas, seperti sejak kapan nyeri tersebut muncul? apakah nyeri dirasakan terus menerus atau hilang timbul? apakah disertai rasa kaku ketika bangun tidur? apakah sendi terlihat berwarna kemerahan? bagaimana sifat nyeri yang anda rasakan? apakah terus menerus atau hilang timbul, apakah terasa nyut-nyutan, seperti ditusuk,dll? apakah nyeri menghilang dengan beristirahat? apa aktivitas atau pekerjaan anda sehari-hari? adakah riwayat demam sebelum muncul nyeri? adakah riwayat cedera pada sendi yang sakit, Seperti terjatuh, keseleo, cedera saat olahraga? adakah anggota keluarga anda yang juga memiliki sakit sendi seperti anda?

Kami tidak dapat mengetahui penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan karena keterbatasan untuk melakukan pemeriksaan langsung. Untuk memastikan penyebab nyeri pada sendi Anda, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung dan beberapa jenis pemeriksaan penunjang yang diperlukan agar dapat diketahui dengan pasti sumber penyebab timbulnya nyeri yang Anda alami. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi langsung ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Dokter Spesialis Bedah Orthopaedi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai, seperti pemeriksaan Rontgen, pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan faktor rhoumatoid, atau bahkan dilakukan analisa cairan sendi. 

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda : 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar