Sukses

Penambah Nafsu Makan Dewasa

21 Aug 2015, 08:39 WIB
Wanita, 0 tahun.

Dokter kalo penambah nafsu makan untuk wanita dewasa apa ya?

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab turunnya nafsu makan seseorang. Hilangnya nafsu makan, atau nafsu makan yang menurun, biasanya merupakan sebuah gejala dari masalah lain yang lebih mendasar seperti penyakit, kondisi psikologis tertentu, pola hidup, ataupun karena faktor usia. 

Berikut beberapa trik untuk menambah nafsu makan:

  • Makanan penggugah selera

Suguhlah makanan yang lebih atraktif dan lebih beraroma dari biasanya. Hal ini dapat menambah selera makan anda sehingga dapat memperbaiki nafsu makan yang menurun. Makanan yang “sedap” di mata dan di hidung tentu akan menggugah selera siapa saja. Mintalah anggota keluarga untuk menyajikan makanan favorit anda. Cobalah hindari minum sebelum atapun saat sedang makan, karena minum dapat membuat anda merasa kenyang lebih cepat.

  • Bumbu makanan dan herbal

Nafsu makan juga dapat distimulasi melalui bumbu atau herbal seperti daun jahe, gingseng (tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi), daun pepaya, dandelion, jeruk atau lemon, daun peppermint, temulawak, hingga daun alfalfa.

  • Multivitamin

Vitamin merupakan zat yang mengambil peran penting untuk tubuh manusia. Bagi manusia, kebutuhan vitamin dan adalah menjadi jaminan kesehatan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin secara sendiri. Tubuh mendapatkan vitamin melalui proses pencernaan dari makanan yang kita konsumsi.

Oleh karena itu konsumsi pola makan sehat sangat menunjang kehadiran vitamin dalam menjawab kebutuhan vitamin pada tubuh sesuai dengan tingkat usia dan kebutuhannya. Betapa pentingnya vitamin yang merupakan zat senyawa kompleks untuk memperkecil peluang manusia terkena penyakit. Semua vitamin aman untuk dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.

Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat. 

  • Aktifitas fisik
Berolahraga, walaupun ringan, dapat meningkatkan nafsu makan secara efektif. Jalan santai, bersepeda, berenang, hingga yoga dapat menimbulkan rasa lapar tanpa membakar kalori secara berlebihan. Olahraga akan membantu penyerapan nutrisi dari makanan dan memancing rasa lapar anda, sehingga akan meningkatkan nafsu makan anda secara pasti.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    1 Komentar