Sukses

Sariawan dan Gusi Berdarah

20 Aug 2015, 16:07 WIB
Pria, 29 tahun.

Kenapa saya sering sariawan? Padahal berbagai vitamin saya konsumsi.dan gusi saya juga sering berdarah,,, bagaimana solusi nya Dok? Terimakasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stres, perubahan hormon, infeksi virus dan bakteri, sensitivitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan anemia. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari. Berdasarkan penuturan Anda maka bisa saja sariawan yang Anda keluhkan adalah karena trauma pada rongga mulut.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral.Jika sariawan terus mengganggu, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut agar dapat dipastikan diagnosis dan penyebabnya.

Gusi berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Penyebab yang paling umum dari gusi berdarah adalah peradangan yang disebabkan oleh karena karang gigi. Maka untuk memastikan apakah gusi berdarah yang Anda alami ketika menggosok gigi adalah karena karang gigi atau bukan diperlukan pemeriksaan ke dokter gigi dan bersihkanlah karang gigi Anda. Jika setelah karang gigi dibersihkan gusi masih suka berdarah maka perlu dicurigai adanya penyebab lain. Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal.

  1. Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  2. Gusi juga menjadi lebih mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi.
  3. Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.
  4. Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi
  5. Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.
  6. Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C
  7. Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Berikut artikel yang dapat Anda baca:

Stomatitis Aphtous Reccurent/SAR (Sariawan)

Madu untuk Sariawan

Sariawan, Kurang Vitamin C?

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar