Sukses

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker

21 Aug 2015, 12:56 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok, pacar saya divonis kena kanker otak stadium 2 padahal baru usia 24 tahun. saya bingung mesti bagaimana karena kalo saya googling2 kayanya kanker otak adalah yang paling susah sembuh dibandingkan jenis-jenis kanker lainnya. bicara "kesembuhan" pun rasanya ambigu sekali pernyataan di internet karena biasanya mereka mengacu pada "5 years survival rate" yang artinya acuannya hanya sekedar 5 tahun kedepan masih hidup bukannya benar2 tidak ada lagi sel kankernya. :( Saya mau tau dok apa kemungkinan pacar saya sembuh ini minim? Dan saya mau tanya soal pengobatan herbal yang kmaren2 sempat naek daun yaitu daun sirsak, sebetulnya seefektif apa sih penggunaan daun sirsak itu sendiri? Banyak yang ngasih testimonial daun sirsak itu sangat efektif membunuh sel kanker tapi ada juga yang bilang tidak efektif kalo dah stadium tinggi (3 dan 4), nah kan pacar saya baru stadium 2, itu efeknya bagaimana? karena saya pernah bbrp kali baca testimonial orang hanya menggunakan daun sirsak dan stelah discan ulang beneran ilang kankernya, tapi saya tidak pernah berhasil sekalipun mengontak scara individu orang2 yang "mengklaim" bisa berhasil tersebut. takutnya hanya iklan dok :( saya sendiri baca2 di internet kalo para dokter umumnya mengeluarkan pernyataan yang bernada diplomatis soal daun sirsak ini, mereka hanya sekedar bilang "belum cukup reliable bukti kanker bisa sembuh dengan daun sirsak" tapi pernyataan ini mnurut saya seperti pedang bermata dua karena walau belum cukup bukti tapi dokter2 di internet juga rata2 tidak mau bilang pasti tidak ada efeknya kalo daun sirsak. jadi yang mana yang benar? apakah ada dokter dari tim klikdokter.com yang pernah punya pasien menggunakan daun sirsak, dan seefektif apa penggunaannya? trima kasih dok.

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.  Hingga saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa meminum rebusan daun sirsak memiliki khasiat pada penyakit tertentu. Namun, sirsak merupakan buah yang mengadung antioksidan, dan vitamin C tinggi.

Antioksidan tinggi itu mencegah, bukan untuk mengobati. Mencegah tentu berbeda dengan mengobati. Dalam dunia kedokteran apabila ingin menganjurkan seseorang, kita harus melakukan penelitian terpercaya. Mulai dari penelitian yang dilakukan dengan bahan percobaan hewan, lalu diterapkan pada manusia. Penelitian dilakukan bervariasi antara jangka pendek hingga jangka panjang untuk menghasilkan temuan yang terpercaya.

Jadi untuk mengetahui manfaat dari suatu obat membutuhkan penelitian yang panjang. Sampai saat ini, kami belum mengetahui adanya penelitian yang mengumumkan tentang manfaat pasti dari rebusan daun sirsak tersebut.

Namun, jika anda ingin mencoba nya tidak masalah selama di komunikasikan dengan dokter yang menangani masalah kesehatan pacar anda, supaya tidak ada bentrok dengan pengobatan yang diberikan saat ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar