Sukses

Penyebab dari Gastritis

18 Aug 2015, 16:20 WIB
Pria, 32 tahun.

Sore dok....saya sakit asam lambung udah 3 bln.saya ingin tanya kan bisa kah melalaui tes lab darah mengetahui adanya h.pylori.apa kah hasil nya akurat kah dok....berhubung ingin melakukan endoskopi dana nya Blm cukup dok.. Trus saya bersendawa trus dok,leher terasa kaku,tenggorokan sakit,saki dan kuping seperti di tusuk tusuk dok...apa itu pengaruh asam lambung saya dok.....terima kasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab tersering adalah karena peyakit lambung, dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati dan sensasi sesak nafas. Keluhan yang Anda sebutkan bisa disebabkan oleh karena adanya peningkatan asam lambung. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Pengobatan gastritis akibat H.pylori:

Pemeriksaan laboratorium untuk H.pylori cukup akurat dalam mendiagnosa infeksi Hp.pylori. Penatalaksanaan gastritis yang disebabkan oleh kuman h.pylori tentu saja dengan mengeradikasi kuman. Terapinya membutuhkan 2 jenis antibiotik + obat golongan PPI (proton pump inhibitor). Sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk terapi lebih lanjut.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar