Sukses

Tekanan Darah Tinggi

20 Aug 2015, 14:27 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok, saya termasuk keturunan orang punya tekanan darah tingi, kakek nenek dan ayah ibu saya terkena penyakit darah tinggi, di usia saya sekarang saya pernah cek tensi saya sudah 170/110, gimana cara mengobati kalo memang dari garis keturunan begitu dok, terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Seringkali seseorang begitu mudah mengatakan diri memiliki atau tidak memiliki tekanan darah tinggi berdasarkan sekali pemeriksaan saja. Apakah bisa demikian? Sayangnya tidak. Tekanan darah manusia dapat bervariasi dalam sehari, bergantung pada aktivitas fisik dan juga fluktuasi emosi. Untuk itu, diagnosis tekanan darah tinggi tidak dapat ditegakkan hanya melalui satu kali pemeriksaan tekanan darah tinggi.

Berapa tekanan darah yang disebut dengan tekanan darah tinggi?AC

Hipertensi adalah suatu kondisi kesehatan ketika tekanan darah seseorang lebih tinggi daripada nilai standar normal. Pada usia di bawah 60 tahun, tekanan darah seseorang diharapkan berada di bawah 140/90 mmHg. Nilai di atas dan sama dengan 140/90 mmHg menandakan adanya hipertensi dan perlu ditangani dengan segera untuk menghindari komplikasi mematikan di kemudian hari.

Bagaimana dapat mengetahui kalau Saya memiliki tekanan darah tinggi?

Namun, yang perlu diperhatikan adalah diagnosis hipertensi tidak dapat ditegakkan hanya dengan satu kali pemeriksaan saja. Rekomendasi pemeriksaan tekanan darah untuk mendiagnosis hipertensi harus dilakukan paling tidak dalam 3 kali kunjungan. Pemeriksaan darah perlu dilakukan dengan alat pemeriksaan standar yang akurat dan paling baik dalam posisi duduk tenang.

Pada saat pemeriksaan tekanan darah, kondisi orang yang diperiksa juga harus diperhatikan. Pasien pada saat itu:

  • Dalam keadaan tenang paling tidak 5 menit sebelum pemeriksaan.
  • Tidak merokok atau minum kopi 30 menit sebelum pemeriksaan.
  • Tidak menahan kencing. Sebaiknya sudah pergi ke toilet terlebih dahulu sebelum pemeriksaan. Kandung kemih yang penuh dapat membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi dari normal.

Pemeriksaan dilakukan paling tidak 2-3 kali dalam 1 kunjungan dengan jarak 2 menit masing-masing pemeriksaan. 

Apabila didapatkan hasil tekanan darah meningkat diatas normal maka sebaiknya melakukan pengobatan dengan penurun tekanan darah secara rutin. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar