Sukses

BAB Anak Keras

28 Aug 2015, 08:50 WIB
Wanita, 34 tahun.

ank sy 2 th susah BAB, tidak mau sayur n buah, susah makan, lo mau BAB nangis karena keras

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Apakah anak Anda diberikan ASI atau susu formula? Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, dan memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Jika anak Anda diberikan susu formula, perlu diketahui apakah konsumsi susu formula dengan kadar zat besi tinggi, susu formula dengan kandungan lemak nabati misalnya kelapa sawit, atau pembuatan susu formula terlalu pekat. Jadi perlu diperhatikan kembali jenis susu formula yang dikonsumsi dan bagaimana pembuatan dan penyajiannya. Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna, dan pastikan agar bayi Anda tidak kurang minum.

Selain itu pola makan yang tidak seimbang, yaitu lebih banyak konsumsi lemak, karbohidrat, dan kurang makanan yang mengandung serat juga dapat menyebabkan kesulitan buang air besar. Jika anak Anda sulit untuk makan sayur, buah atau air putih, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat variasi makanan yang tidak lupa menyelipkan asupan sayur didalamnya, untuk buah Anda bisa menyiasati dengan membuat jus buah, sedangkan tidak sukanya anak Anda dengan air putih bisa Anda siasati dengan minum air putih secara bersama-sama dengan begitu diharapkan anak akan tertarik juga untuk minum air putih.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda: 4 Penyebab Anak Sulit BAB

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar