Sukses

Ruam Pada Ketiak dan Herpes

01 Sep 2015, 01:04 WIB
Wanita, 45 tahun.

Dok, saya ingin menanyakan tentang ruam hitam disertai gatal dan nyeri pada ketiak, saya sudah periksa tanggal 23 Juli kemarin katanya herpes namun sampai sekarang tak kunjung sembuh. Apakah benar ini herpes, saya pernah mengalami herpes sebelumnya tapi bentuknya tidak seperti ini.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Terdapat 2 Herpes yang sering membuat rancu masyarakat, yaitu Herpes Simpleks dan Herpes Zoster. Herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah, mengenai alat kelamin dan mukosa mulut. Sedangkan herpes zoster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zooster (virus cacar) yang menyerang kulit dan mukosa. Penyakit herpes simpleks termasuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual karena ditularkan terutama melalui hubungan seksual, sedangkan herpes zoster timbul akibat reaktivasi virus yang terjadi setelah infeksi primer yang umumnya bermanifestasi sebagai cacar air (varisela).

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus varisela zoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf  dan dapat tereaktivasi  jika orang tersebut mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara.

Selanjutnya mengenai ruam pada ketiak. Daerah kulit berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB (bagi wanita), kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Warna ketiak yang hitam juga dapat disebabkan oleh karena terlihat akar rambut ketiak sehingga terlihat hitam, atau dapat karena kotoran tubuh (daki). Apakah ada riwayat menggunakan produk tertentu yang baru digunakan? Mungkin juga terdapat iritasi akibat produk kulit tertentu. Untuk sementara membersihkan tubuh Anda dengan menggunakan spons pada waktu mandi dapat membantu.

Sejatinya dalam mendiagnosis kelainan pada kulit dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung untuk menilai jenis lesi, lokasi, luas, warna, dan kondisi kulit di sekitarnya. Kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan evaluasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar