Sukses

Pil Pemutih Kulit

07 Sep 2015, 10:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

bahayakah bagi kesehatan jika mengonsumsi pil pemutih atau sejenisnya seperti moment glukogen, gluta panacea?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Setiap orang terlahir dengan jenis kulit dan warna kulit yang berbeda. Genetik tentunya memiliki peran yang cukup besar dalam hal ini. Beberapa orang terlahir dengan warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang hingga hitam. Semuanya ditentukan oleh sebuah sel yang disebut sebagai melanin. Faktor lain yang berperan adalah kekuatan paparan sinar matahari yang berbanding lurus dengan warna kulit penduduk (semakin kuat, semakin gelap warna kulitnya). Warna kulit yang sejatinya secara genetik tidak terlalu gelap pun dapat berubah karena paparan sinar matahari.

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis tidak disarankan untuk melakukan pemutihan badan dengan pengobatan yang menghambat aktivitas melanin, karena sebenarnya melanin mempunyai kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Hal yang diperkenankan hanyalah menghindari kulit kusam, sehingga kulit terlihat sehat dan cerah.

Anda dapat "memaksimalkan" tampilan warna kulit Anda dengan melakukan perawatan secara rutin, sebagai berikut :

  1. Bersihkan wajah dengan cairan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit, terutama setelah beraktivitas dan sebelum tidur
  2. Gunakan serum atau pelembab yang mengandung vitamin C di pagi hari
  3. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setelah menggunakan serum atau pelembab, dan ulangi penggunaan setiap 2 jam
  4. Gunakan krim malam yang dapat mencerahkan kulit seperti hidrokuinon, retinoic acid, kojic acid, dan zat lain sejenis
  5. Minum air putih setidaknya 1,5 liter per hari
  6. Perhatikan keseimbangan nutrisi harian.

Gluthathione merupakan antioksidan yang sering digunakan untuk pengobatan kanker dan AIDS. Efek samping yang dapat terjadi adalah mual, muntah, sakit pada lambung. Pada beberapa kasus pemberian dosis terlalu tinggi dapat menimbulkan terjadinya kerusakan fungsi hati. Sedangkan kolagen adalah protein yang membentuk unsur utama dari jaringan ikat dan tulang, serta memiliki efek untuk memberikan kekuatan dan daya tahan kulit. 

L-sistein peptida yang berperan dalam sintesis gluthathione merupakan contoh senyawa yang dipromosikan dapat memutihkan kulit. Sumber alami dari L-sistein adalah unggas, yoghurt, kuning telur, paprika merah, bawang putih, bawang putih, bawang, brokoli, gandum dan bibit gandum. Hingga saat ini belum ada jurnal kesehatan kulit dan kelamin internasional yang mempublikasikan bukti ilmiah penggunaan senyawa ini sebagai pemutih.

Mohon maaf, kami tidak bisa memberikan opini atas baik tidaknya suatu produk tanpa didasari oleh penelitian yang sahih dan sudah dipublikasikan melalui jurnal medis secara internasional. Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin atau Dokter Aestetika yang terlatih, karena pengobatan atau tindakan apapun hendaknya diawasi oleh Dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar