Sukses

Masalah Rambut Berketombe

07 Sep 2015, 14:54 WIB
Pria, 23 tahun.

saya mau bertanya masalah rambut dok, udah lama rambut saya rontok dan tipis di semua bagian kepala. ketombe saya pun banyak dok. terakhir saya botakin rambut saya dan saya liat banyak bintik2 putih dok dikulit kepala saya. apakah saya terinfeksi jamur dok? dan apa yang harus saya lakukan? terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dikeluhkan setelah rambut rontok. Dalam dunia kedokteran, ketombe dikenal sebagai dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik tidak hanya mengenai rambut, namun dapat juga mengenai area tubuh yang memiliki kadar sebum (minyak) tinggi lainnya seperti telinga, wajah, dada, dan lipatan kulit seperti ketiak. 

Pada kulit kepala, lapisan epidermis kulit kepala secara rutin akan berganti. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi dimana pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak, berketombe dengan lapisan yang putih atau keabu-abuan. Mungkin ini yang anda maksudkan.

Seboroik merupakan suatu reaksi peradangan yang berkaitan dengan proliferasi kulit normal yang disebabkan oleh jamur Pityrosposrum ovale. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu:

  • Kulit berminyak
  • Stres
  • Defisiensi imun (HIV)
  • Kebersihan kulit kepala kurang

Pengobatannya adalah dengan menghindari faktor pencetus dan pemberian obat-obatan. Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfida juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu selama  minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas. Pada kasus peradangan yang lebih berat mungkin akan membutuhkan tambahan kortikosteroid atau obat jamur oral, namun hal ini hanya diberikan oleh dokter yang memeriksa.

Pemakaian obat ini juga memiliki beberapa efek samping seperti iritasi kulit lokal, pewarnaan kulit. Jarang terjadi adanya efek kembalinya gejala setelah pengobatan dihentikan seperti kulit kepala berminyak, pewarnaan rambut atau kerontokan rambut. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena penggunaan ini dapat membantu menghilangkan ketombe dan juga mengurangi kerontokan akibat infeksi jamur ini.

Namun, Anda dapat  menghentikan penggunaan selenium sulfide dan hubungi dokter Anda jika mengalami kondisi yang tidak wajar seperti lepuhan parah, gatal, kemerahan, pengelupasan, kekeringan atau iritasi kulit.

Jika setelah pengobatan tidak ada perubahan, sebaiknya Anda mengkonsultasikan masalah Anda dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar