Sukses

Keluhan Testis Bengkak dan Spermatokel
09 Sep 2015, 18:42 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok sepertinya yang bengkak pada testis saya adalah spermtocele, soalnya kalau epidedermis bengkak pasti menimbulkan rasa sakit, dan juga buang air kecil bisa keluar darah, sedangkan saya tidak, pas saya liat2 gambar di google saya menemukan gambar yang persis dengan keadaan testis saya, yaitu spermatocele, merunut dokter apakah itu berbahaya, karena saperti yang saya tahu, spermatocele adalah suatu penyakit yang berupa terbentuknya kantung abnormal atau kista yang terisus dengan cairan dan sperma mati di dalam bagian epidimis, suatu saluran bergulung padat yang berada di bagian belakang testis dimana sperma biasanya tersimpan dan matang. apakah itu ada obatnya, atau harus dilakukan pembedahan

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sejak kapan keluhan ini dialami oleh Anda? Apakah keluhan testis bengkak tersebut dialami pada 1 testis saja atau keduanya? Apakah terdapat area kemerahan pada testis? Bagaimana benjolan tersebut (lunak,/berbatas tegas/dsb)? Apakah benjolan semakin membesar?

Spermatokel adalah kista yang berisi sperma yang berasal dari bagian atas epididimis, diduga terjadi akibat sumbatan pada saluran dalam epididimis. Benjolan atau bengkak pada testis juga dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti hidrokel, varikokel, hernia, kista epididimis, hingga tumor/neoplasma. Untuk membedakannya, dibutuhkan wawancara riwayat medis Anda, pemeriksaan langsung, dan USG bila diperlukan.

Varikokel adalah pembesaran vena di buah zakar yang menuju ke testis. Varikokel yang tidak ditangani dapat mempengaruhi kesuburan. Spermatokel tergolong jinak, namun apabila membesar dan menimbulkan keluhan/ketidaknyamanan, maka perlu ditangani. Kami tetap menyarankan Anda segera memeriksakan diri langsung ke dokter karena penegakkan diagnosis penyakit membutuhkan pemeriksaan fisik langsung untuk menilai jenis benjolan, lokasi, luas, dan kondisi kulit di sekitarnya, sehingga Anda dapat memperoleh pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar