Sukses

Anak Mengejan dan 'Ngulet'

27 Aug 2015, 10:47 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya mau tanya . Anak saya sering mengeden saat 'molet' sampe mukanya merah , trus kadang keluar pupnya , tapi waktu ngeden tidak sampe menangis . Itu knp ya dok ? Bahayakah ?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kebiasaan bayi untuk 'molet/ngulet' saat bangun tidur merupakan hal yang normal dan dilakukan oleh bayi tersebut untuk meregangkan tubuhnya. Biasanya, setelah melakukan tindakan tersebut muka bayi akan memerah sesaat. Namun apabila setelah tindakan ini kulit wajahnya kembali normal maka tidak perlu Anda khawatir namun apabila memang timbul wajah kebiruan dan tidak hilang-hilang maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak. 

Sementara itu mengejan seringkali merupakan refleks gastro-colic dan defekasi yang normal, terutama sering dilihat pada bayi berusia 4-6 minggu. Pada usia ini bayi akan mulai memahami sensasi tubuhnya dan mengontrol pergerakan tubuhnya. Ketika bayi mengejan ia juga belajar otot mana yang berkordinasi untuk buang air besar. Namun apabila ketika mengejan bayi juga menangis atau mengalami keluhan lain seperti BAB yang keras, disertai darah, sebaiknya Anda segera memeriksakan bayi Anda ke dokter terdekat untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar