Sukses

Bekas Jerawat dan Kantung Mata

31 Aug 2015, 15:56 WIB
Wanita, 18 tahun.

bagaimana cara menghilangkan bintik hitam di wajah karena jerawat dan membuat kantung bawah mata menjadi ketat kembali?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll.  Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu prosedur chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. 

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/ kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Selanjutnya mengenai kantung mata, pada umumnya adanya kantung mata yang membesar disebabkan penumpukan cairan pada daerah bawah mata yang memang merupakan daerah dengan jaringan kulit dan penunjang yang paling tipis dan paling longgar. Beberapa penyebab timbulnya kantung mata yaitu:

  • Kurangnya waktu tidur
  • Konsumsi makanan tinggi garam 
  • Posisi tidur miring atau tengkurap
  • Proses penuaan: semakin tua, lapisan kulit dan jaringan sekitar mata melemah sehingga lemak penunjang mata mengendur dan terbentuk kantung mata
  • Tanda penyakit tertentu: alergi, sinusitis, masalah tiroid

Kulit di area mata merupakan salah satu area dimana tanda penuaan muncul paling awal. Kantung mata merupakan salah satu keluhan yang umum dikeluhkan. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk menjaga mata terlihat muda dan bebas kantung mata:

  1. Tidur cukup 7-8 jam per hari
  2. Tidak merokok dan selalu aplikasikan tabir surya hingga kantung mata. Merokok dan pajanan sinar ultraviolet menyebabkan kerusakan kolagen serta dapat menyebabkan munculnya keriput dan “turunnya” kulit mata.
  3. Gunakan pelembab pada area mata pada malam hari. Pelembab dapat memberikan hidrasi yang diperlukan oleh area tersebut.
  4. Lakukan kompres dingin, gunakan sendok yang sudah didinginkan, potongan timun, atau kantung teh yang sudah dimasukkan ke dalam freezer. Suhu dingin yang ada dapat mengurangi pembengkakan yang ada.
  5. Ganti posisi tidur. Posisi tidur dapat berkontribusi terhadap timbulnya kantung mata. Karena daya gravitasi, tidur dalam posisi miring atau tengkurap menyebabkan cairan terkumpul di bawah mata. Sebaiknya tidur dalam posisi terlentang dan gunakan bantal ekstra.
  6. Hindari menggosok-gosok mata, tidur tanpa membersihkan make-up, minum minuman alkohol.

Sedangkan untuk menghilangkan kekenduran kantung mata secara permanen, satu-satunya cara yakni lewat operasi. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar