Sukses

Skabies dan Disfungsi Ereksi

28 Aug 2015, 10:47 WIB
Pria, 22 tahun.

Ass, dok saya terkena scabies, suatu saat gatal tidak tertahan karna obat habis, saya oledkan antiseptik dettol, kulit kelamn saya jadi merah, menghitam dan kering juga panas. Saya takut jadi disfungsi ereksi dok, soalnya muncul panik berlebih, dan setelah saya tes dengan melihat adegan dewasa reaksinya tidak normal, tidak sekeras biasanya. Bagaimana dolusinya dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Skabies penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu / tungau / mite (Sarcoptes scabei). Kutu ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Penyakit Skabies ini juga mudah menular dari manusia ke manusia, dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Skabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, sprei, handuk, bantal, air yang masih terdapat kutu Sarcoptesnya.

Gejala penyakit ini ditandai dengan rasa gatal yang sangat pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, selangkangan. Rasa gatal ini menyebabkan penderita scabies menggaruk kulit bahkan bisa menimbulkan luka dan infeksi yang berbau anyir. Rasa gatal tersebut akibat kaki sarcoptes dibawah kulit yang bergerak membuat lubang dibawah permukaan kulit.

Penyebab Skabies adalah kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung. Penyakit kulit ini menular dengan cepat pada suatu komunitas yang tinggal bersama sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh pada semua orang dan lingkungan pada komunitas yang terserang skabies, karena apabila dilakukan pengobatan secara individual maka akan mudah tertular kembali penyakit skabies.

Pengobatan skabies dilakukan dengan mengoleskan krim permetrin 5% seluruh tubuh dari leher ke bawah, selama semalam lalu basuh hingga bersih. Pengobatan ini biasanya diulang setelah 1 minggu. Untuk mengurangi gatal dapat dipergunakan pula antihistamin seperti CTM. Hal lain yang perlu dilakukan adalah merendam pakaian, sprei dan selimut yang dipakai ke dalam air panas untuk membunuh tungau yang ada dan mencegah infeksi berulang.

Selanjutnya mengenai gangguan ereksi. Gangguan ereksi dapat disebabkan oleh banyak hal seperti:

  • Kelainan pembuluh darah
  • Kelainan persarafan
  • Obat-obatan
  • Kelainan pada penis
  • Masalah psikis yang mempengaruhi gairah seksual.

Agar dapat ereksi, penis memerlukan aliran darah yang cukup. Karena itu gangguan aliran darah dapat menyebabkan gangguan ereksi. Kerusakan saraf akibat diabetes melitus, alkohol, obat-obatan, juga dapat menjadi penyebab disfungsi ereksi. Bahan kimiawi rokok juga mempengaruhi aliran darah, sehingga dapat juga berkontribusi pada gangguan ereksi ini. 

Psikis seperti depresi, kecemasan, stres, perasaan bersalah, perasaan takut akan keintiman, dll juga menyumbang cukup besar penyebab dari gangguan ereksi. Diperlukan evaluasi lengkap dengan tambahan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sesuai kecurigaan penyebab. Nutrisi yang dapat membantu mengatasi gangguan ereksi Anda adalah zinc dan kalsium. Jangan minum sembarang obat kuat tanpa pengawasan dokter guna menghindari efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh.

Pada kasus disfungsi ereksi (DE) karena gangguan organis (gangguan fisik/anatomis), terapi yang dilakukan umumnya adalah pembedahan atau obat-obatan. Sementara untuk DE yang disebabkan karena gangguan psikologis (yang terutama banyak terjadi), pada umumnya tidak diperlukan pembedahan. Untuk mengatasinya terutama haruslah dicari apa faktor pencetusnya (stress, panik berlebihan, kelelahan). Disfungsi ereksi karena faktor psikis memiliki angka kesembuhan yang baik apabila ditatalaksana secara adekuat.

Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mengobati skabies dengan tuntas. Hindari penggunaan sabun antiseptik yang tidak sesuai dengan cara pakai (misalnya: perlu dilarutkan dahulu dengan air, bukan dioleskan langsung) atau anjuran dokter karena justru akan memperberat keluhan. Kami sarankan Anda kembali mengunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan ulang dan tata laksana lanjutan karena Krim permetrin 5% yang biasa digunakan untuk mengatasi skabies merupakan obat yang hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar