Sukses

Efek Konsumsi Bawang Goreng

27 Aug 2015, 08:55 WIB
Pria, 20 tahun.

dok apakah mengkonsumsi bawang itu bisa berbahaya? saya sangat suka makan bawang goreng bahkan setiap kali makan pasti makanan saya campur dengan bawang goreng. mohon penjelasannya dok terima kasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bawang merah atau putih memiliki banyak efek di tubuh dan dikatakan dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung ataupun kolestrol, menjaga kesehatan ginjal, hingga mencegah kanker.

Bagi penderita gastritis, bawang juga termasuk makanan yang bermanfaat dibandingkan dengan makanan kaya antioksidan lainnya seperti apel dan teh, karena memiliki kandungan quercetin, yaitu sejenis flavonoid yang paling mudah diserap dari bawang. 

Bagaimana Anda mengolah bawang amat mempengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. Memasak dengan suhu tinggi, seperti menggoreng, dapat mengurangi kandungan nutrisi dan memecah phytochemical di dalamnya, sehingga khasiatnya pun berkurang. Makanan yang digoreng juga dapat memicu peningkatan asam lambung dan mempengaruhi kadar kolesterol Anda. Anda tetap dapat menikmati bawang dan memperoleh khasiatnya dengan mengonsumsi bawang yang segar atau diolah seminimal mungkin, serta membatasi konsumsi bawang yang digoreng.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar