Sukses

Buah Zakar Kecil Sebelah

16 Aug 2015, 00:27 WIB
Pria, 45 tahun.

dok, testis saya kecil sebelah, tepatnya sebelah kiri, ini terjadi sekitar saya umur 16/17th, mohon solusinya dok..

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda dan akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

 

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah ada benjolan di daerah selangkangan? Apakah ukuran testis kiri yang membesar tersebut semakin besar, hilang timbul, atau sama saja sejak pertama Anda melihat perbedaannya?  Apakah ukuran bertambah saat Anda batuk atau mengedan? Apakah ada keluhan lain seperti nyeri buang air kecil, testis berwarna kemerahan, demam, gangguan buang air kecil, gangguan buang air besar?

 

Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (<50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

 

Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk dan lain sebagainya. Ukuran testis/skrotum yang membesar juga bisa disebabkan oleh hernia skortalis atau varikokel.

 

Sayang informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas, sehingga sulit untuk menentukan penyebab pasti dari keluhan yang Anda alami saat ini. Bila keluhan yang anda rasakan dirasa sangat menghawatirkan ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter.

 

Berikut kami lampirkan artikel:

5 Tanda Kelainan Penis

6 Gejala Penis Anda Bermasalah

5 Fakta tentang Penis

Hernia Skrotalis

Varikokel

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar