Sukses

Spasmofilia?

17 Aug 2015, 12:20 WIB
Pria, 23 tahun.

Salam dok, perkenalkan saya Faraz. Mengalami kedutan sekujur tubuh selama 3 bulan disertai dengan kecemasan berlebih, keringat berlebih saat cemas di kaki dan tangan, kejang otot. 1 bulan ini sudah konsultasi di dr. saraf dan dikasih obat Cal-95 dan zypraz (alprazolam) 0.5 Mg, memang sudah banyak perubahan baik kejang otot dan rasa cemas yang tiba tiba datang. namun hal yang buat saya khawatir adalah saya mengalami kedutan sekujur tubuh selama 3 bulan. yang saya tanyakan 1. Apa yang terjadi dengan saya dok? 2. Apakah ada hubunganya dengan spasmofilia? 3. Apakah saya harus test EMG? 4. Berapa lama penyembuhanya dok? memang penyakit berawal dari kejadian-kejadian yang buat saya traumatis dok. mengalami kejadian kejadian yang membuat saya stress. tapi sekarang saya sudah tidak pernah memikirkan hal hal yang berat dok. Terima Kasih..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Spasmofilia merupakan suatu kondisi di mana persarafan motor menunjukkan sensitivitas yang tidak normal terhadap stimulasi/rangsangan elektrik ataupun mekanik sehingga penderita mengalami kecenderungan untuk mengalami kram dan kejang pada otot-ototnya.

Gejala lain yang termasuk dalam sindrom spasmofilia adalah rasa lelah berlebihan, kekakuan atau kedutan otot, kram otot, keluhan pada saluran pencernaan dan juga alergi.

Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan elektrolit di dalam darah antara lain karena kekurangan kalsium (hipokalsemia) atau kekurangan magnesium yang dapat terkait dengan hiperventilasi, hipoparatiroidism, rakhitis, uremia atau kondisi lain. Selain itu juga terjadi ketidakseimbangan mineral kalium.

Pasien dengan spasmofilia biasanya akan merasa kesulitan untuk memulai aktivitas di pagi hari dan sebaliknya merasa sangat aktif pada malam hari, sering merasakan kekakuan otot dan kedutan otot pada tangan dan kaki, kram otot dapat terjadi juga di tempat lain seperti pada lambung, punggung dan leher. Seringkali pasien dengan spasmofilian juga memiliki gejala psikologis berupa rasa cemas dan takut berlebihan.

Rasa sesak di dada merupakan keluhan lain yang cukup sering dirasakan pasien dan cukup mengganggu. Hal ini terjadi karena kejang otot-otot saluran pencernaan bagian atas. Bila terjadi kejang-kejang pada otot-otot saluran pencernaan bagian bawah terkadang dapat menyebabkan rasa mual dan muntah.

Sapsmofilia dapat disembuhkan. Pasien biasanya dapat diberikan asupan suplemen kalsium, magnesium dan kalium. Selain itu pasien juga perlu memperbaiki pola diet dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung sumber kalsium, kalium dan magnesium. Selain itu, pasien juga perlu berolahraga ringan dan melakukan pemijatan otot untuk relaksasi otot. 

Dari paparan singkat gejala yang Anda sebutkan, memang masih ada kemungkinan bahwa Anda mengalami spasmofilia. Untuk memastikan apakah Anda menderita spasmofilia, maka sebelumnya harus dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesilias saraf (contohnya: adanya refleks otot yang meningkat) disertai laboratorium darah terlebih dahulu. Sebaiknya tidak langsung dilakukan EMG. Bila ternyata pemeriksaan fisik dan laboratorium menunjukkan hasil yang normal, sangat mungkin gejala tersebut terjadi akibat kondisi kejiwaan/ psikologis Anda, sehingga berarti yang Anda butuhkan adalah meditasi (atau yoga), relaksasi, psikoterapi oleh dokter spesialis psikiatri. Lama penyembuhan akan bervariasi, tergantung dengan penyebab yang mendasari gejala yang di alami. Kami sarankan agar Anda melanjutkan dulu terapi yang telah diberikan oleh dokter spesialis saraf tersebut dan melakukan berbagai cara untuk relaksasi dan terhindar dari ketegangan psikologis, setelah itu datanglah kembali untuk kontrol. Berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri juga dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk menceritakan masalah yang menyebabkan Anda mengalami trauma dan cemas berlebihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar