Sukses

Konsumsi Steroid Anabolik, Amankah?

16 Aug 2015, 17:30 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok, saya mau nanya apakah aman mengkonsumsi anti-katabolik (steroid) sbg suplemen gym? dosis brp dikatakan amannya? terimakasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Konsumsi sterois anabolik tidaklah disarankan untuk meningkatkan massa otot. Sayangnya banyak orang yang berolah raga teratur menambahkan sterid ini dalam komposisi dietnya dengan tujuan menambah massa otot. Namun hal ini merupakan hal yang berbahaya karena memiliki efek sampaing seperti meningkatkan risiko pengeroposan tulang dan sakit jantung. Dalam meningkatkan massa otot berikut resep olahraga yang dapat kami berikan saat ini untuk membangun massa otot Anda:

  • Latihan aerobik atau cardio berupa lari atau jogging 30 menit selama 3 kali seminggu.
  • Latihan beban dengan dumbell atau barbel untuk otot bagian atas dan bagian bawah tubuh sebanyak 3 set, masing-masing set berisi 8 repetisi, dilakukan 2 kali seminggu.
  • Latihan push up, sit up dan back up sebanyak yang Anda mampu, dapat dilakukan setiap hari.

Selain olahraga teratur, makanlah nutrisi yang seimbang dan sesuai kebutuhan Anda. Makan teratur 3 kali sehari, dan camilan sehat 1-2 kali sehari. Asupan makanan harus mengandung karbohidrat, protein dan serat. Hindari makanan berlemak. Salah satu gejala dari berkurangnya hormon testosterone memang terjadi penurunan kekuatan dan massa otot. Untuk dapat memastikannya kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, pemeriksaan penunjang (pemeriksaan hormon testosteron) dan konsultasi dengan dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar