Sukses

Anemia vs Darah Rendah

18 Aug 2015, 15:24 WIB
Wanita, 25 tahun.

apakah dampak buruk dari penyakit animea yang di biarkan begitu saja? saya sudah lama menderita animea tekanan darah saya selalu 90/100 tidak pernah naik, yang saya rasakan sekarang sering pusing dan lemas pernah minum obat penambah darah tapi efeknya hanya saat minum obat saja darah saya naik begitu tidak minum turun lagi...gimana dok cara mengatasinya?

 

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti mengenai kekhawatiran yang Anda alami. Pertama tama, izinkan kami menjelaskan tentang konsep Anemia dan Hipotensi (darah rendah).

Yang dimaksud dengan Anemia adalah keadaan dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin 'Hb' (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada dibawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memungkinkan oksigen terangkut dari  paru-paru dan diantarkan ke seluruh bagian tubuh. Seseorang dikatakan anemia bila kadar Hb < 12 mg/dL.

Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh. Anemia biasanya ditandai dengan gejala khas yakni lemah, letih, dan lesu. 

Bila tidak ditangani anemia dapat menyebabkan menurunnya kualitas hidup dan gangguan pada organ tubuh akibat kurangnya asupan oksigen ke organ tersebut seperti gangguan jantung, gangguan perkembangan anak hingga kematian.

Tekanan darah normal adalah  120/80 mmHg. Tekanan darah dikatakan rendah apabila berada < 90/60 mmHg dan menimbulkan gejala (pusing, berkunang-kunang, pingsan, penurunan kesadaran, dll). 

Untuk mengetahui Anda terkena anemia atau tidak, maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium. Konsultasikan keluhan Anda kepada dokter agar pemeriksaan laboratorium yang akan dilakukan tepat sesuai kebutuhan Anda.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel untuk membantu menjawab pertanyaan Anda:

Darah Rendah Sama Dengan Anemia ?

Bahayakah Bila Anemia Dibiarkan dan Tidak Ditangani?

Diet Sehat Untuk Penderita Anemia

Tanda Bahaya Anemia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar