Sukses

Gatal di Kulit

18 Aug 2015, 15:01 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat pagi dok, udh bbrp lama in saya mengalami gatal2 pada kulit. saya gk inget awalnya, tp sara merasa gatal d bagian leher dan atas dada saya. saya rasa itu biasa saja. karena saya memang sering merasakan gatal jika saya berkeringat. tapi gatalnya semakin menjadi. waktu saya liat di area tersebut itu terlihat bentol2 tipis. tidak membenjol hanya saja kulitnya terlihat tebal dan bersisik. seperti siap terbakar kecil. dan kalo keadaan kulit sedang kering, kulit yang gatal itu bisa di kelupas. setelah melakukan pengobatan, tidak mengalami perubahan. setuap kali berkeringat, bagian tubuh yang tergena gatal akan mengalami gatal2 dan kulit yang gatal akan menebal, tp tidak bersisik. bersisik hanya ketika tubuh kering dan bnyk seperti biang keringat. kemudian saya dianjurkan untuk memakai salaf HL/KL. tidak rutin pemakaiannya, namun di bagian atas dada udah menipis dn hanya tinggal jejak. kemudian gatal berpindah ke punggung. karena pengobatan tidak rutin, ketika gatal sja saya oleskan. dn setelah dpunggung berkurang, muncul di paha belakang sebelah kiri. kemudian pernah muka saya merasakan gatal dan panas. tp tidak terlihat seperti bersisik, hanya merah2 kecil dan setelah saya beri salaf HL trsebut gatalnya hilang, bahkan tidak berjejak d muka, apoteker jg bilang salaf ini aman digunakan d muka. setelah hilang beberapa hari, dan kebetulan salaf itu habis sya jg tdk smpt membeli, skrg gatalnya makin bnyk. gatal berupa bintik2 kecil seperti biang keringat, tp sedikit melebar dan bersisik. setiap kali berkeringat dan terkena panas saya selalu merasa gatal. karena tdk sempat membeli obat saya hanya rajin mandi. bahkan mandi sampai 3x sehari menggunakan cairan detlo. kira2 pa penyakit saya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti bahwa Anda merasa terganggu dengan keluhan yang Anda alami. 

Keluhan gatal di kulit dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, pitiriasis rosea atau psoriasis. 

  1. Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan). Dermatitis atopi merupakan penyebab tersering, hal ini disebabkan oleh alergi dan sering terjadi pada seseorang yang memiliki kulit kering.

  2. Infeksi jamur --> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan, dan mengganti baju bila sudah berkeringat. Lalu coba untuk memakai baju yang menyerap keringat dan hindari penggunaan handuk atau baju dengan orang lain. 

  3. Peradangan kulit akibat keringat (dermatitis seborrhoeic) --> Suatu bentuk peradangan kulit yang menyebabkan gatal pada daerah-daerah yang berkeringat banyak, seperti daerah kepala, selangkangan, atau wajah. Biasanya disebabkan oleh jamur (jenis jamur berbeda dengan infeksi jamur diatas), kekurangan vitamin, genetis, dan hormonal.

Karena banyak sekali penyebab gatal, oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat uji kelainan kulit sehingga penanganan dapat optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar