Sukses

Telinga Berminyak
15 Aug 2015, 11:24 WIB
Pria, 15 tahun.

Misi dok, saya pelajar sma dari bandung, saya mau nanya soal kulit di telinga saya, jadi kulit di telinga saya tuh berminyak banget dok emang sih wajah saya juga berminyak tapi itu bisa diatur (menggunakan sabun muka untuk menghilangkan minyak), namun untuk yang telinga ini minyak nya banyak banget jadi kalau di pegang bakal kerasa banget dan kalo saya make earphone/headset, si ujung earphone nya yang karet itu bakal berminyak banget sampe mengkilat dok, ini cara biar ga minyakan lagi gimana ya dok soalnya jiji banget. Sebelum nya saya sudah ngirim pesan ini tapi katanya info yang saya kasih kurang spesifik seperti: adakah sisik seperti ketombe di telinga, telinga suka berdengung, dll, dan saya disuruh periksa ke dokter tht, sebenernya sih ga ada masalah gitu di saya dok, paling kepala saya yang ketombean tapi sudah mulai hilang, kalau soal masalah dokter tht kayanya ini cuman masalah kulit soalnya cuman minyakan aja kaya wajah saya tapi kan masa saya harus ngusapin sabun pembersih wajah ke telinga saya. Oh iya soal minyak nya sih banyak nya di mulut si telinga sama rada ke dalem dikit, kalau di belakang daun telinga ga ada Jadi gimana yah dok saya harus gimana? Atau mungkin dari faktor makanan dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kemungkinan yang Anda alami adalah dermatiits seboroik. Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit atau peradangan (inflamasi) di mana telah terbukti adanya peran kolonisasi  Pityrosporum Ovale  yang merupakan organisme normal pada kulit yang terkena. Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit yang berlangsung kronik dan kambuhan. Dermatitis seboroik ditandai dengan kemerahan, gatal, dan kulit bersisik, paling sering mengenai kulit kepala (ketombe), tetapi juga dapat mengenai kulit pada bagian tubuh lainnya seperti wajah, dada, lipatan lutut, lengan dan lipat paha. Dermatitis seboroik memang tidak dapat disembuhkan sempurna namun dapat dikontrol.

Menjaga kebersihan memegang peranan penting di dalam mengontrol dermatitis seboroik. Membersihkan kepala secara teratur akan mengurangi tumpukan minyak di kepala. Aktivitas di luar rumah yang dapat memicu peningkatan produksi kelenjar keringat dan kelenjar minyak sebaiknya dihindari.

Pada dermatitis seboroik umumnya akan digunakan sampo yang berisi sulfur presipitatum atau ketokonazol dan turunannya. Pada kasus kambuh yang tidak dapat ditangani dengan antijamur dan kortikosteroid, agen supresi seboroik seperti isotretinoin dapat digunakan untuk mengurangi aktivitas kelenjar sebasea.  Namun pemberiam obat tersebut harus dengan rekomendasi dan resep dokter, tidak dijual secara bebas. Untuk mengatasi keluhan Anda sebaiknya Anda menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar