Sukses

Badan Tetap Kurus Walaupun Makan Banyak
13 Aug 2015, 20:36 WIB
Pria, 20 tahun.

Berat badan tidak naik dok saya mau tanya knpa ya kok berat badan saya tidak naik alias masih kurus-kurus aja, umur : 20th berat : 50kg BMI : 16,5 (rendah bgt) padahal pola makan udah 3x sehari, malah kadang 4x sehari, tidur cukup, minum air mineral juga udah cukup dan aktivitas saya cuman didepan komputer aja. tapi tetep aja gk ada perubahan, emang iya sih orang tua saya kurus kakak saya yg pertama(25th) dan adik(15th) saya juga kurus. tapi kakak saya yg kedua(22th) tidak kurus dok, malahan lebih berisi, padahal makannya juga masih banyakan saya. kira-kira solusi yg baik gimana ya dok, agar berat badan saya ini menjadi ideal ? trimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Karakteristik sebagian orang tertentu yang meski makan banyak, tetapi badannya tetap kurus. Hal ini tampaknya ada kaitannya dengan gen yang diwarisi orangtuanya. Menurut sebuah penelitian baru dari Michigan State University (MSU), para ibu bisa mewariskan kecenderungan tubuh mereka pada anak perempuan. Jika Anda ramping, maka anak perempuan Anda kemungkinan juga ramping. Kalau Anda atletis, mungkin kelak si kecil juga akan tumbuh atletis.

 

Untuk meningkatkan berat badan, diperlukan konsumsi energi yang lebih besar daripada energi yang dipakai. Beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk menaikkan berat badan adalah:

  1. Makanlah secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Dalam hal ini, konsumsi multivitamin dapat membantu pemenuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.
  2. Makanlah lebih banyak makanan sumber energi (karbohidrat) dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu
  3. Tetap berolahraga secara teratur. Hal ini disebabkan karena beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Di lain sisi, olahraga perlu untuk menjaga tubuh tetap terlihat kencang, mengantisipasi berat badan yang naik beberapa kilogram. Tidak perlu yang terlalu berat, cukup jalan kaki selama 30 menit secara teratur dapat menjaga keseimbangan tubuh
  4. Yang terakhir dalah cukup istirahat agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma

?Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar