Sukses

Pembesaran Kelenjar
15 Aug 2015, 01:13 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat siang dok, saya mengalami benjolan d belakang telinga, selama ini masi kecil, dan saya mau tanya apakah itu kelenjar g.bening? Sy pernah mengalami sipilis tetapi setelah pakai obt herbal sipilis d kelamin sy hilang,sy datang ke sp.kulit ternyata saya tidak d curigai apa2 karena tdk ada bukti fisik, tetapi stlh sy mengalami bnjolan sy tkut itu dari efek sipilis, apakah sy harus ke tht apa ke sp.kulit lg? Untk konsul, sipilis ini mulai trjadi 3bln ke blakang, tp sy tdk mengalami kelainan sprti ruam s tangan dll,

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan benjolan yang Anda alami adalah pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Tubuh kita memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening, namun hanya di daerah bagian bawah rahang bawah rahang bawah, ketiak atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat. Pembesaran kelenjar getah bening dapat dibedakan menjadi lokal atau umum (generalized). Pembesaran kelenjar getah bening umum didefinisikan sebagai pembesaran kelenjar getah bening pada dua atau lebih daerah.

Penyebab pembesaran kelenjar getah bening adalah: Virus. Infeksi oleh virus pada saluran pernapasan bagian atas (rinovirus, virus parainfluenza, influenza, respiratory syncytial virus (RSV), coronavirus, adenovirus atau reovirus). Virus lainnya virus ebstein barr, cytomegalovirus, rubela, rubeola, virus varicella-zooster, herpes simpleks virus, coxsackievirus, human immunodeficiency virus. Bakteri. Bakteri pada peradangan KGB (limfadenitis) dapat disebabkan Streptokokus beta hemolitikus Grup A atau stafilokokus aureus. Bakteri anaerob bila berhubungan dengan caries dentis (gigi berlubang) dan penyakit gusi. Difteri, Hemofilus influenza tipe b jarang menyebabkan hal ini. Bartonella henselae, mikrobakterium atipik dan tuberkulosis dan toksoplasma. Keganasan seperti leukimia, neuroblastoma, rhabdomyosarkoma dan limfoma juga dapat menyebabkan limfadenopati.

Penyakit lainnya adalah kawasaki, penyakit kolagen, lupus.Obat-obatan juga menyebabkan limfadenopati umum. Jadi merujuk dari pertanyaan Anda bagaimana penanganan penyakit kelenjar getah bening pada leher, maka jawabannya tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya karena virus atau bakteri maka tidak memerlukan operasi, diperlukan obat antivirus atau antibiotik untuk menanganinya tergantung penyebab, seiring dengan perjalan penyakit dan pengobatan yang tepat, akan menghilang gejalanya. Namun jika penyebabnya adalah keganasan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan terapi yang optimal.

Jadi kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter yang memeriksa Anda, sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat dan menyeluruh.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,   

0 Komentar

Belum ada komentar