Sukses

Anak Sulit Diatur
15 Aug 2015, 00:37 WIB
Wanita, 24 tahun.

Cara mendidik anak yang sylit diatur

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Sebelumnya ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan, berapa usia anak Anda saat ini? Bagaimana dengan tumbuh kembangnya, apakah sesuai dengan anak seusianya? Anak sulit diatur memerlukan pendekatan khusus untuk mengoptimalkan perkembangannya.

Setiap orangtua di muka bumi ini pasti menginginkan pertumbuhan dan perkembangan optimal bagi buah hatinya. Nutrisi memang memerankan peran penting dalam pertumbuhan anak, namun bukan merupakan satu-satunya kunci penting untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Tumbuh dan kembang memiliki arti yang berbeda. Seringkali kita masih bingung dengan kedua kata ini. Tumbuh dapat diartikan dengan penambahan berat badan dan tinggi badan yang terukur secara angka. Sedangkan kembang dapat diartikan penambahan kemampuan kognitif dan aktivitas fisik sejalan dengan pertambahan usia anak seperti bicara, motorik kasar, dan motorik halus.

Perkembangan anak akan semakin maksimal dengan stimulasi yang tepat oleh lingkungannya. Stimulasi anak tidak harus menggunakan peralatan canggih, namun bisa menggunakan benda-benda yang berada di sekeliling kita. Selain stimulasi, untuk mencapai perkembangan yang optimal, kondisi lingkungan dimana seorang anak dibesarkan juga memerankan fungsi penting perkembangannya.

Penelitian Jeharsae,dkk menyatakan bahwa kejadian anak dengan retardasi mental,  berat badan kurang dan kejadian anak dengan keterlambatan perkembangan juga cukup tinggi yaitu sekitar 19,3% dan 37,1% pada daerah konflik di Thailand.

Perkembangan anak dan otaknya sangat dipengaruhi oleh kualitas pengasuhan dan dukungan pada tahun pertama kehidupan. Lalu kapankah bisa memulai menstimulasi anak? Stimulasi anak bisa dilakukan sedini mungkin. Ludwig dan Sawhill menekankan bahwa terdapat 3 hal yang penting dalam kualitas pengasuhan pada tahun pertama kehidupan anak, yaitu:

  1. Lakukan sedini mungkin
  2. Lakukan sesering mungkin
  3. Lakukan secara efektif

Apa sajakah yang bisa dilakukan untuk stimulasi optimal perkembangannya?

  • Jangan batasi keingintahuan anak. Anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Hal ini merupakan fase mereka belajar. Biarkan anak bereksplorasi namun tetap dampingi dan awasi dari hal yang membahayakan. 
  • Batasi menonton televiisi dan menggunakan gadget lain selama 1-2 jam sehari. Menonton televisi atau video mendorong anak menjadi pasif. Biarkan anak menghabiskan waktu melalui media permainan lain.
  • Usahakan untuk selalu mendampingi anak ketika bermain dan menonton televisi, bicarakan mengenai acara yang sedang ditonton/
  • Bercengkerama ketika saat makan bersama, ceritakan kegiatan yang telah dilalui dalam hari itu, untuk anak yang lebih besar, situasi ini akan mendekatkan anak dan melatih keterbukaan
  • Ciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan di dalam rumah

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar