Sukses

Susah tidur saat Umur Kehamilan 5 Bulan
13 Aug 2015, 13:09 WIB
Wanita, 1990 tahun.

selamat pagi dok, sy mau tanya kenapa ya di usia kehamilan saya yang mau menginjak 5 bulan kok semakin susah tidur nyenyak pada malam hari , semenjak usia 3bln sampai sekarang sy jd susah tidur.. adakah tips agar sy bisa tidur nyenyak? trims dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Ketika usia kehamilan semakin bertambah, sering kali kesulitan atau kenyamanan tidur menjadi keluhan ibu hamil. Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitu karena keberadaan perut semakin besar, gerakan bayi dalam kandungan, rasa tak enak di daerah uluhati,dll. Semua kondisi ini menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk tidur dengan nyaman di malam hari.

Ketika anda tidak dapat merasa tidur dengan nyaman, mungkin kemudian anda akan berpikir, lalu bagaimana dengan bayi dalam kandungan? Anda tidak perlu terlalu khawatir. Para pakar menyatakan bahwa meskipun istirahat banyak di masa hamil adalah hal yang paling ideal, tapi kurang tidur saat kehamilan tidak akan terlalu membahayakan bayi anda.

Berikut tips yang bisa digunakan agar bisa tidur nyenyak selama hamil:

1. Carilah Posisi Tidur yang Nyaman Untuk Anda

Faktor yang terpenting untuk dapat tidur dengan nyaman adalah menemukan posisi tidur yang terbaik untuk anda. Posisi tidur terbaik yang dianjurkan selama kehamilan adalah posisi tidur miring ke sisi kiri anda, hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta.

2. Mandi Dengan Air Hangat

Membasuhlah tubuh dengan air hangat (jangan terlalu panas) dengan sabun yang wangi dan rasa segar akan membantu anda akan siap untuk tidur.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Menjelang Tidur

Saat hamil sering kali anda merasa ingin makan sesuatu saat malam hari, tapi hati-hatilah karena bila keinginan itu datang di waktu malam hari, hal ini dapat mempengaruhi tidur anda. Cobalah untuk menghindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saat menjelang tidur. Anda dapat menggantinya dengan makanan ringan atau segelas susu hangat. Ini untuk mengurangi rasa tak enak di ulu hati atau bagian perut yang juga akan mempengaruhi saat tidur anda.

4. Minum Segelas Susu Hangat

Minum segelas susu hangat akan membantu anda untuk dapat tidur, mengapa? karena susu mengandung asam amino trytophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan  membantu anda untuk dapat tidur.

5. Dengarkan Musik

Cobalah mendengarkan musik yang dapat memberi ketenangan dan rasa rilek pada tubuh anda. Pilihlah musik yang dapat memberikan ketenangan pada anda. Dengan merasa tenang dan rileks akan memudahkan anda untuk tidur lebih nyaman

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

0 Komentar

Belum ada komentar