Sukses

Kadar sgot/sgpt Normal Dan Cara menurunkannya
13 Aug 2015, 11:28 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, mau tanya bulan juli kmrn saya tes kerja di salah satu PT, dan gak lolos di tes kesehatan katanya ada peningkatan GOT/GPT, kalo tidak salah nilainya 55/90 apa saya terkena hepatitis dok? trus untuk menormalkan nilai got/gpt gmn dok?? dan normalnya brp? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan). Namun hasil SGOT dan SGPT yang normal belum tentu menandakan bahwa Anda bebas dari penyakit hati. Pada kasus penyakit hati yang kronik (menahun), misal akibat hepatitis B kronik atau hepatitis C kronik, dapat ditemukan kadar enzim SGOT dan SGPT yang normal atau sedikit meningkat. Pada infeksi hati yang kronik (menahun), sel hati secara perlahan-lahan mengalami kerusakan dan hal ini tidak dapat diketahui hanya dari pemeriksaan enzim hati di dalam darah.SGOT dan SGPT merupakan enzim yang dapat ditemukan pada sel-sel hati. Karena itu jika terjadi kerusakan (nekrosis) sel-sel hati, seperti yang terjadi pada infeksi akut virus hepatitis, enzim-enzim tersebut keluar dari sel hati dan masuk ke dalam darah. Semakin banyak sel-sel hati yang rusak, semakin tinggi pula kadar SGOT/SGPT yang terukur di dalam darah. Secara laboratoris pemeriksaan enzim hati pada hepatitis akut didapati adanya peninggian SGOT dan SGPT sampai 20-50 kali normal dengan SGPT lebih tinggi SGOT daripada SGPT (SGOT/SGPT < 0,7).

Cara menormalkan Anda bisa minum vitamin hati yang mengandung curcuma sebagai langkah awal terapi. Peningkatan sgot/sgpt bisa diakibatkan karena kelelelahan atau meminum obat yang berakibat hepatotoksik. Maka rutinlah ke dokter untuk memonotor secara rutin kadar sgot/sgpt Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar