Sukses

Seputar LASIK
14 Aug 2015, 14:09 WIB
Pria, 0 tahun.

Selamat pagi. Saya pria berkacamata dengan minus 5 1/4 untuk kedua mata. Saat ini penglihatan saya tidak maksimal. Setelah saya periksa ke Dokter mata, dokter bilang untuk penambahan lensa kacamata sudah tidak bisa atau mentok. Dokter bilang saraf mata saya sudah lemah, jadi ditambah lensa minus pun tetap sama. Yang mai saya tanyakan, apakah dengan operasi lasik saraf mata saya bisa normal kembali. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Sekilas izinkan kami menjelaskan mengLASIK yang merupakan singkatan dari Laser In-Situ Keratomileusis merupakan salah satu dari Bedah Refraktif mata yang mampu memperbaiki tajam penglihatan melalui prosedur yang secara permanen mengubah bentuk dari kornea (selaput bening yang meliputi mata bagian depan) menggunakan laser dingin sehingga banyak orang bebas dari kacamata atau lensa kontak. Jadi terkait dengan pertanyaan Anda, jawabannya adalah iya dengan operasi LASIK ketajaman penglihatan Anda bisa kembali normal. 

Metode Operasi LASIK

Dokter akan melakukan operasi LASIK dengan membuat flap (lapisan tipis) pada kornea baik menggunakan pisau (LASIK konvensional) atau menggunakan laser (Intralase LASIK). Lapisan tipis ini akan dibuka dan bagian dalam kornea disinari dengan laser dalam waktu kurang dari 30 detik untuk membuat permukaan kornea yang baru. Setelah penyinaran selesai, flap akan dikembalikan ke posisi semula dan akan melekat dengan sendirinya tanpa perlu dijahit. Seluruh prosedur LASIK hanya berlangsung kurang dari 30 menit dan menggunakan teknologi dengan keakuratan yang sangat tinggi.

Persyaratan Operasi LASIK

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila akan menjalankan operasi LASIK ini diantaranya adalah :

  • Usia 21 tahun atau 18 tahun keatas apabila refraksi mata atau ukuran kacamata sudah stabil selama 1 tahun

  • Apabila memakai lensa kontak, maka harus lepas dari soft contact lens minimal 2 minggu, Rigid Gas Permeable (RGP) lenses dilepaskan selama 3 minggu, dan hard contact lens selama 4minggu sebelum evaluasi. Hal ini dikarenakan lensa kontak dapat mengubah bentuk kornea

  • Memiliki mata yang sehat sehingga meminimalkan risiko operasi

  • Memiliki salah satu atau lebih kelainan refraksi seperti miopia (rabun dekat), hipermetropia (rabun jauh), dan astigmatisme (silinder)

  • Tidak sedang hamil

Selain metode LASIK Anda dapat pula menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga kesehatan mata Anda seperti :

  • mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup

  • mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer

  • makan makanan yang banyak mengandung vitamin A.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 
Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar