Sukses

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hmil Dan Makanan Yang dilarang Untuk Ibu Hamil
13 Aug 2015, 10:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

Malam dok saya mau tanya saya sdg hamil 3bln kehamilan pertama saya apa saja mknan yg musti dihindari dan mknan yg harus dimakan, dan apa saja yg tidak boleh dilakukan . Beberapa hari ini perut bagian bawah suka terasa kencang seperti tertekan itu karna apa yah dok? Trmakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dan ibu hamil adalah melalui makanan yang dimakan oleh ibu. Suplemen hanyalah tambahan. Kebutuhan kalori untuk ibu hamil lebih banyak dibandingkan sebelum hami untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

  • Karbohidrat.  Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat
  • Protein: Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
  • Asam folat: untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
  • Kalsium: berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi: mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).

Jika asupan gizi dan kondisi kesehatan Anda baik, maka Anda tidak perlu khawatir. Asupan terbaik untuk janin adalah makanan bergizi yang Anda makan. Suplemen yang umum diberikan adalah zat besi dan asam folat, serta vitamin B6 (untuk mual). 

Beberapa Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

Makanan yang dilarang untuk wanita hamil yang pertama adalah sayuran mentah. Sayuran mentah memang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dibanding dengan sayuran yang sudah matang. Ada banyak agam makanan dengan sayuran mentah seperti karedok, hingga lalapan. Meski megnandung vitamin yang banyak, ada kemungkinan sayuran mentah menyisakan pestisida. Kandungan ini harus anda waspadai demi janin yang anda kandung. Karena itu lebih baik anda memasak sayuran mentah terlebih dahulu, hal ini untuk mencegah sayuran yang membawa sisa pestisida. Namun jika anda mengonsumsi sayuran organik, hal ini tidak perlu anda waspadai. Karena sayuran organik ditumbuhkan tanpa pupuk kimia dan pestisida. Kecambah merupakan sayuran yang harus anda waspadai. Hal ini disebabkan karena ukuran kecambah yang kecil, sehingga menyulitkan proses pencucian dan penghilangan pestisida. Untuk lebih amannya, untuk sementara waktu anda hindari mengonsumsi kecambah.

 Yang ke dua adalah Seafood, Makanan jenis ini memang dianjurkan untuk ibu hamil, karena kandungan omega-3 zat besi dalam makanan laut bisa membantu tumbuh kembang janin terutama perkembangan otak. Namun, tetap saja anda harus berhati-hati karena saat ini sebagian seafood sudah tercemar logam merkuri, yang dapat menghambat pertumbuhan saraf janin bayi

Yang ketiga hindari makanan yang bersifat asam. Misal makanan pedas. Karena saat hamil muda rasa mual yang dialami akan menyebab kan Anda sedikit terganggu. Dan jika anda mengkonsumsi makanan pedas akan memperparah rasa mual itu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

0 Komentar

Belum ada komentar