Sukses

Dagu Panjang

14 Aug 2015, 09:28 WIB
Pria, 21 tahun.

Dokter saya punya keluhan tentang dagu saya yg kurang proporsional dok, dagu saya memanjang sehingga gigi saya tidak dapat bertemu antara gigi rahang atas dan bawah, saya merasa ini bukan lah kelainan genetik dok, karena di keluarga tidak ada yg mengalaminya, tetapi lebih pada kebiasaan saya pada waktu kecil, yaitu menopang dagu, yang saya ingin tanyakan adalah apakah dengan perawatan gigi (brace/ behel) orthodonthy dapat memundurkan dagu saya? atau memendekkan dagu saya yg panjang ini dokter? karena saya Kurang percaya diri dengan kondisi ini dok, tolong bantu saya dokter

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Kelainan posisi rahang bawah sepeti yang Anda alami sebaiknya segera diperbaiki, perawatan pada usia sedini mungkin akan sangat efektif, karena pada usia yang masih muda sekali ini penyimpangan atau abnomalitas pertumbuhan tulang rahang bawah belum menyebabkan modifikasi yang cukup banyak. Biasanya keadaan ini bermanifestasi pada usia 14 sampai 30 tahun.

Perawatan untuk keadaan tersebut dapat dilakukan dengan terapi alat ortodontik dan pembedahan. Untuk lama proses perawatan itu bergantung dari kondisinya, semakin berat maloklusinya maka akan semakin kompleks perawatan dan juga waktu yang dibutuhkan dapat lebih lama. Untuk memastikan perawatan yang tepat bagi keadaan Anda maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi juga pemeriksaan pendukung lainnya seperti foto x-ray agar dapat dianalisa secara tepat. Konsultasikanah masalah Anda secara langsung pada dokter gigi spesialis orthodonti.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar