Sukses

Dyplasia Mammae dan FAM

14 Aug 2015, 08:09 WIB
Wanita, 22 tahun.

malam dok. saya arum. beberapa waktu lalu saya mengalami sakit di payudara dan menemukan ada benjolan. setelah di cek hasilnya adalah dysplasia mammae. yg ingin saya tanyakan adalah : apakah dysplasia mammae adalah FAM?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary dysplasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Benjolan ini umumnya multipel dan pertumbuhan dipengaruhi oleh hormonal dan terjadi seiring dengan siklus menstruasi.

Benjolan ini akan menghilang setelah wanita selesai menstruasi dan dapat kembali terjadi ketika menstruasi datang. Apabila didapatkan ada mammary dysplasia, maka yang dilakukan adalah evaluasi untuk memastikan bahwa benjolan yang ada bukanlah dikarenakan keganasan. Tidak ada obat yang ditujukan untuk mengatasi mammary dysplasia karena benjolan ini dipengaruhi oleh hormonal.

Apabila sedang nyeri, anda dapat mengonsumsi obat analgetik atau antinyeri seperti parasetamol dan asam mefenamat untuk mengurangi rasa sakit yang datang.

Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel: Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker.

Dyplasia Mammae dan FAM

Sementara itu FAM  (Fibroadenomamammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kulit payudara di atasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

FAM merupakan suatu tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui. Namun benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon. Sehingga selama dalam masa reproduktif (belum menopause) FAM dapat tumbuh kembali. FAM biasanya muncul di usia remaja. Oleh karena itu, terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. Pemeriksaan secara pasti dapat dilakukan dengan pemeriksaan mamografi atau biopsi.

FAM tidak ada resiko untuk menjadi kanker. Beberapa hal dikatakan dapat mencegah perkembangan FAM dengan mengkonsumsi sayur dan buah, dan olahraga dengan intensitas sedang setiap minggunya. Tindakan yang biasanya dilakukan adalah operasi, atau ada beberapa yang dapat hilang namun kemungkinan ini sangat sedikit. Hanya sekitar 20% kasus tumor ini tumbuh. Jadi sebaiknya yang dapat Anda lakukan adalah menjaga hidup sehat dan lakukan pemeriksaan payudara secara rutin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar