Sukses

Penyebab Mata Merah

14 Aug 2015, 08:24 WIB
Wanita, 19 tahun.

Bagaimana ini dokter? Bintik putih didalam bola mata sudah tidak ada tapi mata saya kadang masih merah sekali. Sudah pernah saya beri tets mata rohto selama 2 hari tetap merah

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun sulit untuk Kami mengetahui gangguan yang terjadi pada mata Anda tanpa informasi yang lengkap dan pemeriksaan mata.

Apakah terdapat kotoran mata? Jika ya, bagaimana bentuknya encer atau kental? Bagaimana warnanya? disertai rasa gatal atau nyeri mata? Bagaimana dengan tajam penglihatan Anda, apakah penglihatan Anda terganggu? Apakah Anda sudah berobat ke dokter sebelumnya?

Banyak penyebab mata merah, dibedakan berdasarkan ada tidaknya penurunan tajam penglihatan. Untuk Mata merah dengan tajam penglihatan yang normal dapat disebabkan adanya iritasi mata, Peradangan pada folikel bulu mata,  infeksi pada selaput putih mata (oleh bakteri, virus), reaksi alergi, adanya pertumbuhan jaringan abnormal pada selaput putih mata, dll. Sedangkan untuk mata merah dengan tajam penglihatan menurun, dapat disebabkan karena gangguan pada bagian mata disertai bagian-bagian yang berfungsi sebagai media penglihatan, misalnya karena radang pada kornea, radang pada lapisan pembuluh darah mata (uvea), keruhnya cairan didalam mata, dll.

Sebaiknya Anda memeriksakan mata Anda ke dokter umum, atau jika perlu ke dokter spesialis Mata, agar dapat mengetahui penyebab pasti keluhan mata Anda dan mengatasinya. Tetes mata yang Anda gunakan tersebut tidak bisa mengobati mata merah jika penyebabnya bukan hanya iritasi mata biasa.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar