Sukses

Abses pada Gigi

27 Aug 2015, 15:04 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok gigi tambalan depan saya ga bener sehingga menjadi abses. kemarin saya sdh kedokter dan sdh dibersihkan nanahnya. Dokter bilang saya harus kesana lagi nanti setelah obatnya habis. tapi kenapa ya dok sehari setelah saya ke dokter benjolanya sekarang makin membesar ya dok dan terlihat seperti akan pecah saya takut dok. Apa nanti itu akan pecah. Apakah akan terasa sakit? Bahaya atau tidak ya dok? Apa yang harus saya lakukan dokter? Mohon jawabanya terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami tururt prihatin atas kondisi yang Anda alami. Suatu kondisi patologis seperti abses dapat dibedakan menjadi kondisi akut dan kronis, dalam hal ini abses diawali dengan infeksi bakteri sehingga terjadi karies gigi, jadi absesnya disebut abses periapikal. Abses periapikal akut timbul tiba-tiba, di ujung akar dan pulpa gigi yang berisi pembuluh darah dan syaraf sudah mati. Bakteri hidup yang menyebabkan infeksi berada di saluran akar dalam jumlah yang sangat banyak, dan menyebar dengan cepat ke ke arah ujung akar hingga jaringan pendukung gigi (jaringan periodontal), dan dapat menyebabkan periodontal mengalami peradangan dan timbul rasa sakit yg berat terutama saat gigi mengunyah atau ditekan.

Abses dapat akut atau kronik, bergantung dari jumlah dan agresivitas bakteri penginfeksi dan sistem imun pasien. Bila respon imun pasien cukup kuat untuk menahan infeksi bakteri, maka abses tidak timbul dalam fase akut namun bertahan dalam kondisi kronik. Meski demikian, sewaktu-waktu kondisi ini dapat berubah menjadi akut kembali, dan gigi kembali sakit parah.

Bila dibiarkan tanpa perawatan,abses dapat meluas ke tulang rahang dan jaringan lunak dan menyebabkan pembengkakan yang cukup besar. Misal gigi molar bawah mengalami abses, pipi dapat mengalami pembengkakan yang cukup besar, bila dipegang terasa panas, sakit dan bisa disertai demam. Terkadang kelenjar limfe yang berdekatan dapat membesar dan terasa sakit. Kalau kondisi memburuk (misalnya daya tahan tubuh pasien lemah, dikombinasi dengan bakteri yang virulen dan tidak dirawat), bisa terjadi komplikasi yang cukup serius. Bakteri dapat menyebar melalui aliran darah ke organ vital, dan dapat terjadi kondisi yang disebut Angina Ludwig yang menyebabkan pasien kesulitan bernafas, akibatnya dapat berujung kepada kematian, seperti yang dilaporkan pada beberapa kasus. Hal tersebut adalah dampak terburuk, dan belum tentu terjadi pada semua pasien yang mengalami abses periapikal. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah menjalani perawatan bertahap yaitu perawatan saluran akar oleh dokter gigi yang merawat Anda. 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar