Sukses

Penebalan Rahim

11 Aug 2015, 13:44 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang Dokter, jika ada penebalan rahim dan tdk melakukan tindakan kuret, apakah akan susah hamil? sy sdh menikah slma 7 bulan namun blm ada tnda kehamilan

Terima kasih atas pertanyaan Anda

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penebalan dinding rahim,  dalam dunia medis sering disebut dengan hiperplasia endometrium. Penebalan dinding rahim karena ketidakseimbangan hormonal, terjadi peningkatan hormon estrogen yang tidak diimbangi oleh hormon progesteron. Memang penebalan dinding rahim sering menyebabkan rasa sakit  atau perdarahan melalui vagina yang memanjang. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya anemia (kurang darah). Hiperplasia endometrium bukanlah kanker, namun dalam beberapa kasus dapat berkembang menjadi kanker. 

 

Hiperplasia endometrium terbagi menjadi 3 tipe yaitu: Simplek, Kistik, Atipik. Penderita hiperplasia endometrium Simplek dan Atipik masih dapat hamil. Penanganannya individual tergantung pada keparahan ketebalan endometrium Anda apakah dengan tindakan kuretase, pemberian obat hormon atau jika terdeteksi adanya kemungkinan kanker maka biasanya dilakukan pengangkatan rahim (histerektomi). Untuk itu hal ini paling baik didiskusikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda dan memang sebaiknya ditangani karena perdarahan yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan kurang darah, lemas dan mengganggu aktivitas. Mengenai kehamilan, pada 20% hiperplasia endometrium bisa terjadi kehamilan, namun biasanya dilakukan pengobatan dahulu. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter specialis kandungn dan kebidanan. 

 

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda:

Persiapan Kehamilan

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar