Sukses

Penggunaan Stagen Setelah Sesar
10 Aug 2015, 16:50 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, kalau habis melahirkan, trus perut di ikat pake tagen supaya perut kecil kembali. Efeknya apa ya dok kalau sesar?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Sesar akan menyebabkan luka paska operasi yang memerlukan waktu untuk penyembuhan. Penyembuhan luka adalah proses penggantian dan perbaikan fungsi jaringan yang rusak. Penyembuhan luka bergantung pada lokasi, keparahan, luasnya cedera, kondisi kebersihan dan kesehatan individu (faktor penghambat: diabetes). Proses penyembuhan luka dibagi dalam 3 fase, yaitu:

1. Fase Inflamasi/perdangan: berlangsung sejak terjadinya luka sampai hari ke 3-5. Terjadi penyempitan pembuluh darah dan berkumpulnya trombosit untuk menghentikan perdarahan dan mencegah infeksi.

2. Fase Proliferasi/regenerasi: berlangsung dari akhir fase peradangan sampai kira-kira akhir minggu ketiga. Biasanya luka imatur disertai beberapa gejala seperti merah, gatal, nyeri, dan kekakuan kulit.

3. Fase Remodeling/maturasi: dapat berlangsung berbulan-bulan sampai bertahun-tahun dan dinyatakan berakhir sampai tanda peradangan menghilang. 

Jaga kebersihan luka. Perhatikan asupan nutrisi Anda. Protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, C dan E berperan penting dalam mempercepat penyembuhan luka. Zink dapat mempercepat proses proliferasi jaringan.

Penggunaan stagen diperbolehkan setelah bedah seksio sesaria asalkan kebersihan luka tetap terjaga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar